Striker asing PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili, berbagi cerita kepada media negara asalnya Ukraina, Football.ua, mengenai Liga Indonesia. Salah satu hal yang disampaikan adalah besaran gaji pemain lokal ataupun asing.

Menurut Yevhen yang berkarier di Indonesia sejak 2019, gaji pemain di setiap klub Indonesia berbeda-beda, tergantung dari level klub itu sendiri. Jika klub papan tengah, perbedaan gaji antara pemain asing dan lokal bisa 6-7 ribu dolar atau sekitar Rp 80-100 juta.

“Jika Anda mengambil tim menengah, maka perbedaan gaji bisa 6-7 ribu dolar. Tergantung pada tim dan pemain,” kata Yevhen Bokashvhili.

Mantan striker Timnas Ukraina U-21 tersebut juga mengklaim Persib Bandung sebagai klub dengan gaji di Indonesia. Pemain asing di klub asal Jawa Barat itu dibayar hingga 12-20 ribu dolar atau sekitar Rp 223-297 juta.

“Tim dengan bayaran tertinggi di Indonesia mungkin Persib Bandung. Di sana, pemain asing bisa menerima 15 hingga 20 ribu dolar dan pemain lokal akan memiliki maksimal 8-9 ribu dolar,” tuturnya menambahkan.

Selain itu, Yevhen Bokhashvili juga bercerita bahwa Indonesia gemar menaturalisasi pemain asing. Jika pemain asing tampil apik selama lima tahun di Liga 1, mereka bisa mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

“Ada banyak pemain asing yang telah dinaturalisasi dan juga dianggap pemain lokal. Di Indonesia, mereka suka melakukan eksperimen, jika pemain asing menghabiskan lima tahun pada level yang baik, maka mereka dapat menawarkan kewarganegaraan,” ujar striker 28 tahun itu.

Yevhen Bokhashvili datang ke Indonesia pada awal musim Liga 1 2019. Pada musim perdananya, ia cukup sukses mengemas 16 gol dan membuatnya menjadi striker paling tajam keempat.

Berkat performa apiknya itu, Yevhen Bokhashvili sempat dirumorkan diminati oleh Persib Bandung pada akhir musim. Namun, eks pemain FK Minsk itu lebih memilih bertahan bersama PSS Sleman.

Ketajaman Yevhen Bokhashvili juga membuat klub-klub Indonesia mulai melirik pemain asing dari Ukraina. Buktinya adalah Persita Tengerang, klub promosi itu memiliki striker asing asal Ukraina, Yevhen Budnik, untuk mengarungi Liga 1 2020.

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda

Cerita Riko Simanjuntak Saat Seleksi Di PSM Makassar, Tampil Apik Tapi Dicoret

Kepada Media Ukraina, Yevhen Bokhashvili Ceritakan Awal Mula Bisa Main Di Liga Indonesia

Indonesia Punya Kiper-kiper Bagus Yang Layak Main Di Klub Luar Negeri

 

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group