Rialdi

Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Pemandangan berbeda akan terlihat pada wasit di Liga 1 2020. Jika biasanya mereka memimpin dengan hanya peluit, kali mereka bakal dilengkapi dengan beberapa peralatan yang bisa membantu kinerja.

Peralatan yang yang dimaksud adalah alat komunikasi dan vanishing spray. Dengan adanya perlengkapan tersebut, para pengadil lapangan diharapkan bisa mengambil keputusan dengan lebih tepat dan cepat.

“Kita menyiapkan perangkat wasit bukan hanya sumber daya manusianya yang sekarang kita latih. Kita juga menyiapkan perlengkapannya seperti headphone untuk alat komunikasi,” ujar Komisaris Utama PT LIB, Cucu Sumantri, dilansir dari Detik.

“Ini agar wasit bisa lebih cepat mengambil keputusan. Termasuk juga spray,” tuturnya menambahkan.

Namun, untuk Video Assistant Referee (VAR), teknologi dipastikan belum akan diterapkan di Liga 1 2020. Kemungkinan VAR baru akan dipakai pada musim depan.

“Untuk VAR belum bisa kita lakukan. Namun hari ini saya sudah bertemu dengan perwakilan FIFA dan AFC untuk membahas pelatihan VAR,” kata pria yang juga menjabat sebagai wakil Ketum PSSI ini.

“Mudah-mudahan dengan kita sudah mengawali seperti ini VAR bisa digunakan tahun depan,” imbuhnya.

Walau begitu, adanya alat komunikasi dan vanishing spray untuk wasit di Liga 1 2020 tetap patut diapresiasi. Wasit pun akan lebih mudah berkoordinasi dengan para asistennya tanpa harus menghampiri.

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda.

Pemain Timnas Salah Oper Saat Latihan, Shin Tae-yong: Anak SD Saja Bisa Passing Seperti Ini, Apa Kalian Tidak Malu?

Menang 4-1 Atas Persija Jakarta, Persebaya Surabaya Juarai Piala Gubernur Jatim 2020

Siapa Pelatih Termuda Dan Tertua Di Liga 1 2020?

© 2022 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group