Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, memastikan bahwa klub akan lepas pemainnya ke Timnas Indonesia meski agenda tim nasional bentrok dengan jadwal Liga 1 2020. Sebab, ia telah PSSI dan klub telah membuat komitmen.

Jadwal baru Liga 1 2020 belum dirilis. Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah memberi bocoran bahwa kompetisi akan terus berjalan saat ada agenda tim nasional, entah pemusatan latihan (TC) atau pertandingan.

Kondisi sempat menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pecinta sepak bola Tanah Air. Sebab, bentroknya jadwal tersebut bisa membuat klub ogah melepas pemain andalannya ke tim nasional.

Andai itu terjadi, imbasnya adalah ke tim nasional. Timnas Indonesia tidak bisa tampil di dua event bergengsi dengan kekuatan terbaik. Padahal publik Tanah Air sudah sangat rindu melihat skuat Garuda berprestasi.

Terkait kondisi tersebut, Yunus Nusi turut buka suara. Ia memastikan bahwa Timnas Indonesia akan diperkuat oleh para pemain terbaik saat berlaga di Kualifikasi Piala Dunia san Piala AFF. Pasalnya, klub telah berkomitmen untuk melepas pemain ke tim nasional.

“Tidak terganggu, kami sudah bangun komitmen dengan klub untuk beri pemainnya ke PSSI. Pertama TC, lalu pertandingan di Piala AFF. Itu biasa terjadi di klub dan PSSI, mudah-mudahan klub tetap berkomitmen,” kata Yunus Nusi, dilansir dari Football5star.

Biasanya, Timnas Indonesia tidak tampil dengan kekuatan terbaik apabila agenda tim nasional berbenturan dengan Liga 1. Klub umumnya hanya bersedia melepas masing-masing dua pemain.

Namun, sekali lagi Yunus Nusi berharap itu tidak terjadi lagi karena PSSI dan klub telah berkomitmen mengenai pelepasan pemain untuk tim nasional tersebut.

“Harapan kita sidak seperti itu lagi, harapan kita teman-teman klub ikut tanggung jawab sebagai bangsa. Melalui ketua umum telah disampaikan ke klub seua berkomitmen menyerahkan pemainnya jika dibutuhkan untuk TC atau pertandingan,” ujar Yunus Nusi.

“Kami lihat tahun ini Insya Allah klub menyerahkan pemainnua di tengah kompetisi karena itu sudah menjadi komitmen,” tuturnya menambahkan.

Apa yang disampaikan Yunus Nusi memang sangat mungkin terjadi. Pasalnya, Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan tanpa degradasi, sehingga klub tidak akan keberatan untuk melepas pemain andalannya untuk tim nasional.

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda

Piala Asia U-19 2020: Pelatih Uzbekistan ‘Remehkan’ Indonesia Dan Kamboja

Dikontrak Dua Musim, Darije Kalezic Ingin Bawa MVV Maastricht Promosi Ke Eredivisie

Timnas Indonesia U-16 Akan TC Di Bekasi, Berikut Daftar 26 Pemain Yang Dipanggil

 

 

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group