Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Klub mana yang menjadi wakil Indonesia di AFC Cup musim 2021 bakal segera diketahui dalam waktu dekat. PSSI bersama Komite Eksekutif (Exco) akan memilih klub tersebut melalui rapat pada Rabu (16/12/2020).

Wakil Indonesia di AFC Cup 2021 masih belum diketahui. Semua itu tidak lepas dari tak bisa bergulirnya Liga 1 dan Piala Indonesia musim 2020 karena pandemi COVID-19 dan tidak adanya izin dari Polri.

Karena tidak ada dua kompetisi itu, sampai saat ini belum diketahui siapa yang menjadi wakil Indonesia. Sebab, pada musim lalu, PSSI menunjuk jawara dari Liga 1 (Bali United) dan Piala Indonesia (PSM Makassar) untuk maju ke kompetisi Asia.

Di sisi lain, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sudah meminta PSSI segera mendaftarkan wakil. Sebagai solusi, PSSI akan memutuskan wakil Indonesia melalui rapat bersama Exco. Klub yang dipilih adalah klub yang sebelumnya lolos verifikasi klub profesional AFC.

Ada tujuh klub yang lolos verifikasi klub profesional AFC musim ini. Mereka adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Arema FC.

“Rabu depan adan rapat Exco untuk diputuskan. Nanti setelah rapat ada keputusannya,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dikutip dari Suara.com.

Terkait kriteria pemilihan wakil Indonesia di AFC Cup 2021, Yunus Nusi enggan menjelaskan. Yang pasti, dua wakil tersebut akan dipilih dari tujuh klub yang sudah lolos verifikasi klub profesional AFC.

“Saya tak mau berandai-andai. Karena itu kewenangan Exco. Tapi antara tujuh klub yang lolos (verifikasi) itu,” imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan, Indonesia hanya mendapatkan dua slot tim untuk tampil di AFC Cup 2021. Itu pun tidak semua langsung ke fase grup, salah satunya harus play-off lebih dulu.

Hal ini karena pada musim 2020, Bali United dan PSM Makassar tidak tampil apik di AFC Cup. Alhasil peringkat Indonesia melorot di urutan ke-13 Zona Timur dan disalip oleh Myanmar.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group