Rialdi

Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, resmi bakal melatih tiga level Timnas Indonesia, yakni U-19, U-23, dan senior. PSSI beserta jajaran Exco sudah menyetujuinya.

Sebelumnya, PSSI berencana membuat Shin Tae-yong fokus bersama Timnas Indonesia U-19 proyeksi Piala Dunia U-20 2023. Sebab, PSSI tidak ingin konsentrasi Shin Tae-yong terpecah.

PSSI juga melihat Shin Tae-yong keteteran menangani tiga kelompok tim nasional. Namun, rencana PSSI akhirnya dibatalkan setelah berdiskusi dengan Shin Tae-yong.

Pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu disebut menyanggupi melatih Timnas Indonesia U-19, U-23, dan senior. Ini dilakukan demi kesinambungan.

“Ternyata Shin Tae-yong tetap menyanggupi untuk memegang tiga tim. Alasanya untuk kesinambungan di semua level kelompok umur,” kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, di laman resmi PSSI.

“Kami lalu diskusikan dengan Exco PSSI soal alasan yang bersangkutan. Akhirnya saya memutuskan Shin Tae-yong tetap menangani tim U-19, U-23, dan senior,” imbuhnya.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengakui memang lelah menangani tiga kelompok Timnas Indonesia. Namun, ia tidak mempermasalahkan rasa lelah demi sepak bola Indonesia yang lebih maju.

“Sampai saat ini tidak ada masalah. Dengan begitu saya bisa lebih mendalami sepak bola Indonesia,” ujar Shin Tae Yong.

“Saya memang merasa lelah, tapi bagus ya, mulai dari U-19, U-23, dan senior. Sistem seperti ini harus dikembangkan lebih. Walaupun capek harus benahi,” imbuh pelatih berusia 52 tahun itu.

Shin Tae-yong belum lama ini membuat pencapaian yang membanggakan setelah mengantarkan Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Skuat Garuda menyingkirkan tuan rumah Kuwait dan maju ke putaran final bersama Yordania.

© 2022 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group