Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) sudah menentukan pot peserta menjelang drawing atau undian Piala AFF 2022 yang akan berlangsung pada 30 Agustus mendatang di Thailand.

Dilansir dari Zingnews, Thailand yang edisi sebelumnya menjadi juara berada di Pot 1 atau unggulan pertama, ditemani oleh Vietnam yang terhenti di semifinal Piala AFF 2020.

Sementara Indonesia yang di edisi sebelumnya berhasil lolos ke partai final hanya berada di Pot 2 bersama Malaysia.

Mengapa bisa demikian? Kemungkinan besar karena AFF menggunakan regulasi prestasi negara dalam dua edisi terakhir.

Di Piala AFF 2020, Indonesia memang berhasil lolos ke final. Namun, di edisi 2018, skuat Garuda bahkan tidak mampu lolos dari fase grup.

Sementara Vietnam dan Thailand bergantian menjadi juara. Vietnam menjadi juara Piala AFF 2018, sedangkan Thailand adalah jawara pada edisi terbaru setelah mengalahkan Indonesia di final.

Berikut pembagian Pot undian Piala AFF 2022:

Pot 1: Vietnam dan Thailand

Pot 2: Indonesia dan Malaysia

Pot 3: Singapura dan Filipina

Pot 4: Myanmar dan Kamboja

Pot 5: Laos dan Timor Leste/Brunei Darussalam

Undian Piala AFF 2022 akan digelar di Bangkok, Thailand, pada 30 Agustus 2022 pukul 14.00 waktu setempat, dengan dihadiri dewan AFF, federasi anggota, sponsor, dan perwakilan tim.

Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 23 Desember hingga 15 Januari 2023, setelah gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar.

Piala AFF tahun ini juga akan berlangsung secara normal dengan format kandang-tandang seperti sebelumnya. Tim akan memainkan dua laga kandang dan dua tandang.

Indonesia belum sekalipun menjuarai Piala AFF senior sejak awal diadakan pada 1996. Skuat Garuda berstatus sebagai ‘raja runner-up’ dengan catatan enam kali final.