PSSI memberikan penjelasan mengapa Timnas Indonesia U-16 hadir dalam acara dangdut bertajuk ‘Konser17an Indonesia Juara’ di salah salah satu televisi swasta, yakni Indosiar pada Rabu (17/8/2022).

Follow VOCKET di Telegram untuk isu isu viral terkini

Seperti diketahui, kehadiran Timnas Indonesia U-16 mendapat reaksi negatif dari pecinta sepak bola Tanah Air. Sebab, acara-acara seperti itu dianggap bisa merusak karier pemain.

PSSI melalui Sekjen Yunus Nusi pun buka suara. Ia menjelaskan bahwa Timnas Indonesia U-16 hadir di acara itu karena pihak Emtek ingin memberikan apresiasi usai juara Piala AFF U-16 2022.

Emtek merupakan holding yang membawahi stasiun televisi SCTV dan Indosiar, juga mitra PSSI dan PT LIB dalam menggelar kompetisi Liga 1 dan 2. Di acara itu, tim asuhan Bima Sakti mendapatkan bonus lebih dari Rp 600 juta dari berbagai pihak.

“Jadi mereka (pemain dan ofisial) diundang karena Emtek ingin memberikan apresiasi. Itu makanya pemain dan pelatih datang,” kata Yunus Nusi di laman resmi.

Yunus Nusi menjelaskan bahwa acara dangdut itu juga agenda kegiatan terakhir para pemain Timnas Indonesia U-16. Setelah itu, mereka akan pulang ke tempat masing-masing.

“Setelah semua rangkaian di Jakarta, besok (hari-ini) pemain sudah kembali ke daerah masing-masing,” tuturnya menutup.

Timnas Indonesia U-16 ditunggu Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada Oktober mendatang usai menjuarai Piala AFF U-16 2022. Garuda Muda ada di Grup B bersama Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab (UEA).