Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Timnas Indonesia sudah tiba di Tanah Air, tepatnya di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta pada Kamis (16/6/2022) sore WIB. Kedatangan skuat Garuda diabadikan dalam video yang diunggah PSSI di Instagram.

Dalam penjelasan si perekam video, dijelaskan bahwa tidak semua pemain Timnas Indonesia ikut kembali ke Tanah Air. Mereka yang pulang hanyalah para pemain yang berkarier di Liga 1.

Sementara para pemain abroad atau yang main di luar negeri langsung kembali ke klub masing-masing, sesuai dengan negara tujuan.

Mereka adalah Asnawi Mangkualam (Korea Selatan/Ansan Greeners), Pratama Arhan (Jepang/Tokyo Verdy), Elkan Baggott (Inggris/Ipswich Town), dan Witan Sulaeman (Polandia/Lechia Gdansk).

Satu-satunya pemain abroad yang ikut pulang ke Indonesia dulu adalah winger Sabah FC, Saddil Ramdani. Ia tak langsung kembali ke Malaysia.

Belum diketahui apakah para pemain lokal langsung kembali ke klub masing-masing untuk tampil di Piala Presiden 2022. Besar kemungkinan mereka akan diberi istirahat terlebih dulu sebelum kembali ke klub.

Sementara itu, Timnas Indonesia telah mengukir sejarah di Kuwait dengan lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Skuat Garuda finis di posisi dua Grup A.

Tim asuhan Shin Tae-yong mengantongi enam poin dari kemenangan atas Kuwait (2-1) dan Nepal (7-0). Enam poin tersebut membuat Garuda lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur runner-up terbaik.

Keberhasilan ini sekaligus mengakhiri dahaga 15 tahun Timnas Indonesia untuk bermain di Piala Asia 2023. Terakhir kali tim Merah-Putih tampil di ajang itu adalah 2007 silam.

© 2022 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group