Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Timnas Indonesia kemungkinan besar tidak bisa diperkuat oleh bek tangguh yang sedang berkarier di Thai League 1 (kasta teratas Liga Thailand), Yanto Basna, kala mengarungi Piala AFF 2020.

Kemungkinan ini tidak lepas dari keputusan baru yang dibuat Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) soal Thai League musim ini. FAT resmi menunda kompetisi hingga September 2020.

Thai League 1 dilanjutkan pada September 2020 dan berakhir pada Mei 2021. Artinya, kompetisi di negeri Gajah Perang itu bisa bentrok dengan Piala AFF 2020 yang akan bergulir pada 23 November-31 Desember 2020.

Piala AFF sendiri tidak masuk dalam kalender FIFA. Sehingga, klub-klub peserta Thai League 1 tidak memiliki kewajiban untuk melepas pemain ke tim nasional.

Apalagi Yanto Basna adalah pemain andalan Prachuap FC. Pada empat pertandingan awal Thai League 1 atau sebelum kompetisi ditunda, ia selalu tampil selama 90 menit.

Sehingga kemungkinan Prachuap FC bersedia melepas Yanto Basna untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 begitu kecil.

Yanto Basna. (Foto: Suphanburi FC).

Yanto Basna. (Foto: Suphanburi FC).

Oleh karena itu, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia tampaknya perlu mengantisipasi kemungkinan seperti ini dari jauh-jauh hari agar tetap bisa tampil maksimal di Piala AFF 2020.

Di sisi lain, Indonesia masih memiliki pemain bertahan tangguh yang juga kerap mendapat penggilan tim nasional, seperti Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, hingga Otavio Dutra.

Situasi seperti ini tidak hanya dialami oleh Indonesia. Negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, hingga Singapura juga terancam tanpa pemain yang berkarier di Thailand.

FAT sendiri juga masih bingung akan mengirim tim mana untuk Piala AFF 2020, tim utama atau muda. Saat ini, fokus mereka adalah menyelesaikan kompetisi di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya tentang Piala AFF 2020 berikut:

Liga Thailand Ditunda Hingga September, Jadwal Bisa Bentrok Dengan Piala AFF 2020

Sempat Dirumorkan Absen, Presiden AFF Pastikan Timnas Thailand Ikut Piala AFF 2020

VFF Pastikan Park Hang-seo Bisa Dampingi Timnas Vietnam Di Piala AFF 2020

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group