Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Timnas Indonesia bakal melakoni dua pertandingan uji coba sebelum menghadapi tiga laga sisa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, yakni dengan melawan Afghanistan (149 FIFA) dan Oman (80).

Pertandingan uji coba itu sudah dikonfirmasi oleh PSSI. Skuat Garuda akan menghadapi Afghanistan pada 25 Mei, empat hari berselang melawan Oman. Kedua laga itu digelar di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Jika dilihat tanggalnya, dua uji coba tersebut digelar di luar kalender FIFA.

Kalender FIFA

Namun, seperti dalam penjelasan FIFA terkait rumus perhitungan poin ranking, negara yang bertanding tetap akan mendapatkan poin dan tentu tidak sebanyak apabila uji coba itu digelar ketika kelander resmi FIFA.

Bobot pertandingan

Nah, menurut perhitungan Vocket FC Indonesia menggunakan rumus perhitungan FIFA, berikut poin yang didapat Timnas Indonesia apabila menang, imbang, atau kalah saat melawan Afghanistan per 14 Mei 2021:

1. Indonesia menang atas Afghanistan

Jika Indonesia menang, kita akan memperolehi 2,92 poin FIFA ranking, membuat jumlah keseluruhan menjadi 966,92 poin.

2. Indonesia imbang lawan Afghanistan

Apabila pertandingan berakhir imbang, Indonesia akan mendapatkan 0,42 poin, menjadikan poin keseluruhan menjadi 964,42.

3. Indonesia kalah dari Afghanistan

Namun, jika Indonesia kalah, kita akan mendapat pengurangan 2,08 poin FIFA ranking yang menjadikan jumlah poin keseluruhan adalah 961,92.

Berikut poin yang didapat Timnas Indonesia menang, imbang, atau kalah saat melawan Oman (dengan asumsi Indonesia sudah mengalahkan Afghanistan. Jika kalah, perhitungan poin di bawah tidak berguna):

1. Indonesia menang atas Oman

Jika Indonesia menang, kita akan memperolehi 3,92 poin FIFA ranking, membuat jumlah keseluruhan menjadi 967,92 poin.

2. Indonesia imbang lawan Oman

Apabila pertandingan berakhir imbang, Indonesia akan mendapatkan 1,42 poin, menjadikan poin keseluruhan menjadi 965,42.

3. Indonesia kalah dari Oman

Namun, jika Indonesia kalah, kita akan mendapat pengurangan 1,07 poin FIFA ranking yang menjadikan jumlah poin keseluruhan adalah 962,92.

Jadi, jika berhasil meraih kemenangan atas Afghanistan dan Oman, Timnas Indonesia mungkin akan meraih 6,84 poin FIFA Ranking dan berpeluang naik dua peringkat melewati Mauritius dan Nepal.

Namun, uji coba tersebut mungkin bagi Timnas Indonesia hanya dijadikan sebagai ajang pemanasan. Target utama tim asuhan Shin Tae-yong tentu meraih kemenangan dalam tiga laga sisa melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

Note:
*Perhitungan poin tersebut bisa saja berubah apabila Afghanistan dan Oman mengalami peningkatan/penurunan jumlah poin FIFA Ranking sebelum berhadapan dengan Indonesia.

*Perhitungan poin antara Timnas Indonesia vs Oman dipastikan berubah akan berubah apabila skuat Garuda tumbang atau imbang dari Afghanistan. Kami akan meng-update kembali pada H-1 pertandingan.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group