Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Timnas Indonesia akan melakoni uji coba kedua di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Setelah melawan Afghanistan, skuat Garuda kini akan berhadapan dengan Timnas Oman pada 29 Mei 2021.

Pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia vs Oman didaftarkan oleh PSSI sebagai ‘FIFA A Match’, sehingga segala hasilnya akan masuk dalam perhitungan poin FIFA meskipun jumlahnya tak besar karena berada di luar kalender FIFA.

“Untuk lawan Afghanistan memang cuma training match. Namun, pertandigan Timnas Indonesia vs Oman sudah kami daftarkan dalam pertandingan FIFA A Match,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Kabar ini tentu menjadi kabar baik untuk Timnas Indonesia. Sebab, negara dengan peringkat 80 dunia bersedia melakukan pertandingan FIFA A Match, yang sejatinya bagi mereka ‘kurang menguntungkan’.

Bagi Oman, mereka tidak akan mendapatkan banyak poin apabila berhasil mengalahkan Timnas Indonesia (173 dunia) dan bakal mendapatkan pengurangan poin yang besar jika kalah.

Sebaliknya, Timnas Indonesia akan mendapatkan poin yang cukup banyak jika berhasil mengalahkan Oman. Apabila kalah, pengurangan poinnya pun tidak terlalu banyak.

Berikut perhitungan poin apabila Timnas Indonesia menang, imbang, atau kalah melawan Oman:

1. Indonesia menang atas Oman

Jika Indonesia menang, kita akan memperolehi 3,925 poin FIFA ranking. Sementara Oman kalah mendapat pengurangan poin (-3,925).

2. Indonesia imbang lawan Oman

Apabila pertandingan berakhir imbang, Indonesia akan mendapatkan 1,425 poin, sedangkan Oman (-1,425)

3. Indonesia kalah dari Oman

Namun, jika Indonesia kalah, kita akan mendapat pengurangan 1,075 poin FIFA ranking, sementara Oman hanya plus 1,075 poin saja.

Garis besarnya adalah, apabila Indonesia meraih kemenangan, skuat Garuda akan mendapatkan 3,925 poin. Jika yang menang Oman, mereka hanya mendapat 1,425 poin saja.

Andai Indonesia menang, Timnas Indonesia akan memiliki 967,995 poin dan berpeluang naik dua peringkat melewati Mauritius dan Nepal. Namun, Indonesia berpeluang disalip kembali oleh dua negara itu apabila Mauritius dan Nepal meraih kemenangan dalam laga ‘FIFA A Match’ atau laga resmi FIFA.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group