Legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, telah tutup usia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB. Ia meninggal dunia di umur 60 tahun karena serangan jantung.

Sebelum meninggal, Maradona rajin mengunggah momen-momen masa lalunya saat masih menjadi pesepak bola. Salah satunya adalah saat tampil di Piala Dunia Remaja di Jepang pada 1979.

Momen itu diunggah di Instagram pada 28 Agustus 2020. Maradona bercerita bahwa lawan pertamanya adalah Indonesia.

Legenda Napoli tersebut menganggap duel kontra Garuda tidak sulit lantaran mampu menang 5-0, di mana empat gol di antaranya diciptakan dalam waktu 15 menit.

“Kemarin, saya melihat Juan Simon dan Sergio Garcia mengingatkan debut kami di Piala Dunia Remaja di Jepang 1979. Dan saya tak bisa mengingatnya,” kenang Maradona.

“Pertandingan pertama melawan Indonesia dan kami menang 5-0. Kami mencetak 4 gol dalam 15 menit, lalu kami lebih nyaman untuk pertandingan berikutnya,” imbuhnya.

Di Piala Dunia Remaja 1979, Indonesia memang satu grup dengan Argentina di Grup B bersama dua negara lainnya, Polandia dan Yugoslavia.

Indonesia yang diperkuat oleh pada pemain seperti Subangkit, Mundari Karya, dan Bambang Nurdiansyah tumbang lima gol tanpa balas. Lima gol Argentina lahir lewat hat-trick Ramon Diaz dan Maradona mengemas dua gol.

line-up-argentina-vs-indonesia

Foto: FIFA

Di ajang tersebut, Maradan dan kolega akhirnya keluar sebagai jawara setelah mengalahkan Uni Soviet dengan skor 3-1 di pantai final. Sementara Indonesia menjadi juru kunci Grup B setelah karena menelan tiga kekalahan, masing-masing 0-6 dari Polandia dan 0-5 dari Yugoslavia.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group