Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

PSSI membagikan kabar positif mengenai striker berdarah Belanda, Ezra Walian. Dilaporkan, FIFA bersedia memproses dokumen eks pemain Belanda U-17 itu agar bisa membela Timnas Indonesia dalam pertandingan resmi.

Seperti diketahui, Ezra Walian resmi menjadi WNI sejak 2017. Namun, ia tidak bisa membela Timnas Indonesia dalam pertandingan resmi karena secara federasi dia masih milik KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda).

Nah, baru-baru ini, PSSI berupaya kembali agar FIFA bersedia mengizinkan Ezra Walian beralis status menjadi milik PSSI dan bermain untuk Timnas Indonesia. PSSI pun mengirim bukti akte kelahiran orangtua sang pemain ke FIFA.

Tanggapan positif diberikan oleh FIFA. FIFA menerima dokumen dari PSSI tersebut dan bersedia memprosesnya lebih lanjut.

“Iya, hari Jumat (11/6) ini kami menerima surat dari FIFA yang ditandatangani oleh Head of Players Status FIFA, Erika Montemor Ferreira,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, di laman federasi.

“Kemudian, PSSI langsung merespons kembali melalui surat yang dikirim ke FIFA dan bersyukur FIFA langsung merespon,” tuturnya menambahkan.

Respons positif FIFA itu membuat Ezra Walian tak hanya ber-KTP Indonesia saja, tetapi juga berpeluang dapat membela Timnas Indonesia di ajang resmi.

“Dengan proses ini, PSSI berharap agar Ezra dapat segera bermain lagi bersama Timnas Indonesia. Proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra memang membutuhkan waktu dan tidak mudah,” ujar Yunus Nusi.

“Apalagi dirinya pernah bermain bersama Timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17. PSSI sangat serius melakukan penelusuran berdasarkan aturan terbaru FIFA terkait alih status pemain,” lanjutnya.

“Kami memberikan bukti-bukti dokumen pendukung yang dapat memperkuat status Ezra untuk Indonesia. Terakhir kami terima dokumen akte kelahiran bapaknya Ezra,” tutur eks Exco PSSI itu.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group