Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, rupanya tidak memasang target muluk-muluk di Piala AFF 2020. Alih-alih juara, ia akan cukup senang apabila skuat Garuda bisa menembus semifinal.

Tren Timnas Indonesia sedang bagus usai dua kali mengalahkan Taiwan dalam pertandingan play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuar Garuda menang 2-1 dan menang 3-0.

Kemenangan itu membuat kekuatan skuat Garuda mulai diperhitungkan, terutama di ajang Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura pada Desember mendatang.

Piala AFF cukup dikenal di Korea Selatan karena keberhasilan Park Hang-seo yang memenangkannya untuk Vietnam pada edisi terakhir. Shin Tae-yong pun kemudian ditanya apakah juga ingin mempersembahkan hal yang sama untuk Indonesia.

Sebagai pelatih kepala, Shin Tae-yong tentu ingin. Namun, untuk Piala AFF edisi 2020, target eks pelatih Timnas Korea Selatan itu hanya sebatas mencapai semifinal.

“Jika itu keinginan saya, targetnya adalah mencapai semifinal di Piala AFF. Memang berat, tapi kemenangan adalah obat mujarabnya,” kata Shin kepada media Korea Selatan, Sport Khan.

Keinginan Shin Tae-yong tentu bertolak belakang dengan PSSI yang ingin Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF edisi 2020. Namun, mungkin Shin Tae-yong memiliki perhitungan tersendiri.

Timnas Indonesia baru menemukan pola permainnya dan banyak diisi pemain muda. Ia mungkin tidak ingin membebani para generasi baru skuat Garuda untuk langsung meraih prestasi tinggi, yang mana bila gagal bisa menjatuhkan mental pemain.

Tentu dalam hal ini bukan berarti Shin Tae-yong tidak ingin Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020. Apabila memang ada kesempatan, dia pasti akan meraihnya karena trofi adalah hal yang diidam-idamkan semua pelatih di dunia.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group