Pada hari ini, tepat setahun yang lalu atau 22 Maret 2019, Timnas Indonesia U-23 dihajar dengan skor 0-4 oleh Thailand pada pertandingan perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Bermain di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, skuat Garuda Muda memang kuwalahan menghadapi Thailand. Di babak pertama, Indonesia sudah tertinggal 0-1 lewat gol Shinnaphat Leeaoh pada menit ke-21.

Pada babak kedua, alih-alih bangkit, Egy Maulana Vikri dan kolega justru kembali kebobolan. Tak tanggung-tanggung, gawang Indonesia yang dikawal oleh Awan Setho Raharjo tiga kali digetarkan oleh pasukan Gajah Perang.

Ketiga gol tambahan Thailand dicetak oleh striker muda Buriram United, Supachai Jaided, pada menit ke-50, 71′, dan Supachok Sarachat (74′). Indonesia pun menelan kekalahan empat gol tanpa balas.

Selain kekalahan, hari tersebut juga diwarnai dengan polemik Ezra Walian. Striker berdarah Belanda ini tidak diizinkan turun dalam pertandingan Indonesia versus Thailand karena proses naturalisasi yang tidak beres.

Ezra Walian yang dinaturalisasi sejak 2017 itu tercatat pernah memperkuat Timnas Belanda U-17 di Euro U-17 pada 2013. Alhasil, ia yang turut berangkat ke Vietnam tidak bisa bermain hingga kualifikasi berakhir.

Ezra Walian Indonesia

Sumber Gambar: Kompas

Yang memprihatinkan adalah kasus naturalisasi Ezra Walian belum selesai sampai sekarang. Eks pemain RKC Waalwijk ini memang telah sah menjadi warga negara Indonesia (WNI), tetapi secara federasi belum menurut FIFA.

Akibatnya Ezra Walian belum bisa membela Timnas Indonesia di pertandingan resmi AFC dan FIFA. Striker 22 tahun ini juga tidak bisa membela timnya PSM Makassar di AFC Cup 2020.

Lantas, kapan polemik naturalisasi Ezra Walian ini bisa diselesaikan? Hanya PSSI yang mampu menjawab.

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda.

Tak Mau Hadapi Negara Berperingkat FIFA Lebih Rendah, Myanmar Batalkan Uji Coba Lawan Malaysia

Dejan Antonic Dan Presiden Kitchee SC Bangga Stefan Antonic Dipanggil TC Timnas Indonesia U-19

Kirim Surat Ke PT LIB, Sriwijaya FC Minta Liga 2 2020 Dilanjutkan

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group