Pada hari ini, tepat lima tahun yang lalu, 25 Maret 2015, Timnas Indonesia melakoni pertandingan uji coba bertajuk FIFA Match Day dengan menghadapi negara kuat Kamerun di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Secara data di atas kertas, kekuatan kedua kesebelasan yang bertanding memang berbeda. Terlebih, Kamerun merupakan salah satu negara kontestan Piala Dunia 2014 di Brasil

Dari catatan Berita Satu, Kamerun memainkan delapan pemain yang menjadi tumpuan di Piala Dunia 2014. Beberapa nama di antaranya adalah Aurelien Chedjou yang saat itu bermain untuk Galatasaray.

Lalu ada Vincent Aboubakar (FC Porto), Enyong Enoh (Standard Liege), Henri Bedimo (Lyon), dan Benjamin Moukandjo (Reims). Untuk pemain lainnya adalah pemain muda yang mayoritas merumput di Eropa.

Timnas Kamerun saat menghadapi Indonesia pada 2015. (Foto: PSSI).

Timnas Kamerun saat menghadapi Indonesia pada 2015. (Foto: PSSI).

Sementara Indonesia cuma berlatih selama tiga hari untuk mempersiapkan laga uji coba tersebut. Skuat Garuda juga belum memiliki pelatih kepala lagi setelah ditinggalkan Alfred Riedl.

Kemudian, PSSI akhirnya menunjuk Benny Dollo yang berstatus sebagai pelatih Sriwijaya FC untuk menjadi pelatih sementara Timnas Indonesia.

Skuat Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Kamerun 2015. (Foto: PSSI.org).

Skuat Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Kamerun 2015. (Foto: PSSI).

Pelatih yang akrab disapa Bendol ini menilai pertandingan melawan Kamerun bukanlah laga yang mudah. Ia pun mengandalkan tekad kuat dari pemain untuk bisa memetik hasil maksimal.

“Seberat apa pun tim yang akan dihadapi, kita tetap harus mempunyai tekad kuat untuk memberikan yang terbaik. Kalau menang atau kalah, itu soal lain,” kata Benny Dollo ketika itu, dilansir dari Liputan6.

“Jangan gentar, kita juga harus bisa menunjukkan kualitas terbaik. Saya berharap skemanya nanti berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Namun, Boaz Solossa dan kolega nyatanya mampu memberikan kemampuan terbaik dalam pertandingan. Mereka cuma kalah 0-1 dari negara sekelas Kamerun. Gol semata wayang negara kelahiran Samuel Eto’o itu berhasil dicetak oleh Vincent Aboubakar pada menit ke-35.

Berikut susunan pemain Timas Indonesia saat melawan Kamerun kala itu:

Indonesia: I Made Wirawan; Johan Alfarizi, Victor Igbonefo, Yohanes Tjoe (Fachruddin Wahyudi Aryanto 47), Hasyim Kipuw; I Gede Sukadana (Raphael Maitimo 68), Hariono (Achmad Jufrianto 73), Tantan (Bayu Gatra Sanggiawan 68), Zulham Zamrun; Boaz Solossa, Cristian Gonzales (Ferdinand Sinaga 67).

Pelatih: Benny Dollo

Kamerun: Fabrice Ondoa; Henri Bedimo, Ambroise Oyongo (J. Guihoata79), Aurelien Chedjou, Ngweni; Etong Enoh, Raoul Loe, Benjamin Moukandjo, Dani Ndi (Guy Christian Zock Abep 75); Vincent Aboubakar, Leonard Kwekeu (Franck Etoundi 25).

Pelatih: Volke Finke

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda.

Asnawi Mangkualam Lelang 3 Jersey Untuk Bantu Perangi Virus Corona

Thailand Saingi Indonesia Untuk Dapatkan Bek Muda Ipswich Town, Elkan Baggott

Liga Kamboja Ditangguhkan, Kini Tinggal Singapura Dan Myanmar Yang Liganya Masih Bergulir Di Asia Tenggara

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group