Pada hari ini, tepat 10 tahun yang lalu atau 28 April 2010, Persipura Jayapura berhasil mengalahkan wakil China, Changchun Yatai, dalam pertadingan Grup F Liga Champions Asia 2010.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, skuat Mutiara Hitam asuhan Jacksen F Tiago meraih kemenangan dua gol tanpa balas.

Gol pertama Persipura berhasil diciptakan oleh kapten tim, Eduard Ivakdalam. Ia melesakkan tendangan keras yang tak mampu dihadang kiper Changchun Yatai, Lei Zong.

Sementara gol kedua Mutiara Hitam disumbangkan oleh Yustinus Pae. Ia dengan sukses menggetarkan jala Changchun Yatai setelah menerma umpan mendatar dari Ian Kabes.

Kemenangan Persipura ketika itu juga tidak lepas pula dari aksi gemilang sang kiper, Jendri Pitoy. Bagaimana tidak, ia dua kali menggagalkan hadiah penalti lawan.

Jandri Pitoy berhasil menangkap bola penalti pertama tembakan striker Changchun Yatai, Chao Tianbao, dan menepis tendangan penalti dari Liu Xiaodong.

Kemenangan ini sekaligus menjadi ajang pembalasan Persipura yang sebelumnya dipermalukan sembilan gol tanpa balas saat menyambangi markas Changchun Yatai.

Sayangnya tambahan tiga poin tidak berarti banyak di klasemen Grup F. Persipura tetap gagal lolos ke babak 16 besar karena finis sebagai juru kunci dengan poin tiga dari enam pertandingan.

Sebagai informasi tambahan, Liga Champions Asia 2010 berhasil dijuarai oleh tim asal Korea Selatan, Songnam Ilhwa Chunma. Pelatihnya kala itu adalah Shin Tae-yong yang kini melatih Timnas Indonesia.

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda

Beckham Putra Bersedia Berkarier Di Liga Thailand, Tak Masalah Jika Tak Langsung Jadi Pemain Utama

Berkarier Di 4 Negara Berbeda, Liga Indonesia Jadi Pengalaman Terbaik Marlon da Silva

PSSI Tak Berminat Tiru Liga Korsel, Pilih Tunggu Hingga Akhir Mei

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group