Pada hari ini, tiga tahun yang lalu, 21 Maret 2017, Luis Milla menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia. Ia mendampingi skuat Garuda beruji coba melawan Myanmar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Laga uji coba ini adalah pertandingan resmi pertama bagi Luis Milla dalam karier kepelatihannya bersama Timnas Indonesia setelah dua bulan diresmikan oleh PSSI.

Ekspektasi pendukung Garuda saat itu sangat tinggi, Luis Milla yang datang dengan status pelatih yang membawa Spanyol juara Piala Eropa U-21 2011 diharapkan bisa meraih kemenangan mudah atas Myanmar.

Namun, Timnas Indonesia yang berisikan para pemain U-23 gagal meraih kemenangan atas para pemain senior Timnas Myanmar. Kendati sempat unggul lebih dulu, skuat Garuda akhirnya tumbang 1-3.

Gol Timnas Indonesia dilesakkan oleh Ahmad Nur Hardianto, sementara tiga gol balasan tim tamu lahir dari Mg Mg Lwin, Kyaw Ko Ko, dan Aung Thu.

Kekalahan tersebut sempat memantik rasa kekecewaan suporter di media sosial. Namun, Luis Milla perlahan mulai menarik hati para pecinta sepak bola Indonesia.

Walau tidak ada trofi yang dipersembahkan, performa Timnas Indonesia di bawah asuhan eks pemain Barcelona dan Real Madrid ini begitu menjanjikan.

Puncaknya adalah di Asian Games 2018, Timnas Indonesia yang bermain dengan umpan pendek dari kaki ke kaki dan semangat tinggi berhasil lolos dari fase grup.

Sayangnya di babak 16 besar, skuat Garuda kalah dari Uni Emirat Arab (UEA) melalui drama adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Pertandingan tersebut menjadi laga terakhir Timnas Indonesia bersama Luis Milla. Pelatih asal Spanyol itu tidak mendapat perpanjang kontrak dari PSSI karena tak mampu memenuhi target untuk lolos ke semifinal Asian Games 2018.

Luis Milla sempat hampir kembali melatih Timnas Indonesia. Namun, PSSI kini telah memilih memulai babak baru bersama pelatih yang mendampingi Korea Selatan di Piala Dunia 2018, Shin Tae-yong.

Terima kasih, Luis Milla!

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda.

Dejan Antonic Dan Presiden Kitchee SC Bangga Stefan Antonic Dipanggil TC Timnas Indonesia U-19

Termasuk Bhayangkara FC, 7 Tim Ini Belum Rasakan Kemenangan Di Liga 1 2020

Awas, Pemalsu Jersey Persija Jakarta Kini Bisa Dipenjara Dan Denda Rp 300 Juta

 

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group