Pada hari ini tepat enam tahun lalu, 26 Maret 2014, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Andorra dalam pertandingan uji coba persiapan Piala AFF 2014 di Estadio Luiz Suner Pico, Valencia, Spanyol.

Skuat Garuda menang dengan skor 1-0 atas negara asal Eropa tersebut. Gol semata wayang itu dicetak oleh gelandang naturalisasi asal Belanda, Raphael Maitimo, melalui titik putih.

Hadiah penalti itu sendiri juga diciptakan oleh Maitimo. Ia yang berada di kotak penalti lawan dijatuhkan pemain Andorra, Jordi Robio. Gol Maitimo tersebut kemudian bertahan hingga pertandingan usai.

Kemenangan Timnas Indonesia tersebut sebenarnya sudah diprediksi cukup banyak pihak. Sebab, Andorra ketika itu peringkat FIFA-nya adalah 198 atau delapan tingkat di bawah Brunei Darussalam.

Sementara saat itu Timnas Indonesia memiliki peringkat FIFA yang lebih baik, yaitu 154 dunia. Namun, kala itu Alfred Riedl selaku pelatih Timnas Indonesia menilai Andorra tetaplah tim kuat karena mereka kerap berhadapan dengan negara-negara kuat di Eropa.

Enam telah tahun berlalu, Andorra tak lagi sebagai negara lemah di Eropa. Saat ini peringkat FIFA mereka adalah 135. Sedangkan Indonesia yang dulu unggul secara peringkat FIFA kini berada di urutan 173 dunia.

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda

Kini Giliran Liga Singapura Yang Resmi Ditangguhkan Karena Virus Corona

5 Legenda Asia Tenggara Versi AFC, Ada Bambang Pamungkas

Thailand Saingi Indonesia Untuk Dapatkan Bek Muda Ipswich Town, Elkan Baggott

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group