Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, merasa senang karena Liga 1 2021/2022 bisa begulir. Sebab, dengan adanya kompetisi, dia bisa melihat dan memilih pemain secara langsung untuk tim nasional.

Kondisi berbeda dirasakan ketika kompetisi belum berlangsung, Shin Tae-yong menyebut bahwa pemain-pemain yang dipanggil ke Indonesia merupakan rekomendasi dari PSSI, kemudian dirinya seleksi ketika pemusatan latihan.

“Liga profesional yang sempat dihentikan karena COVID-19 telah kembali dilanjutkan. Kali ini, kami melakukan observasi langsung dan memilih pemain, tidak direkomendasikan oleh asosiasi (PSSI),” kata Shin Tae-yong kepada media Korsel, Sport Khan.

“Para pemain Indonesia secara keseluruhan memiliki skill yang sangat baik,” tuturnya menambahkan.

Beberapa nama yang dipanggil Shin Tae-yong dari hasil pantauan di Liga 1 adalah Ricki Kambuaya (Persebaya Surabaya) dan Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura. Keduanya menjawab kepercayaan dengan mempersembahkan gol ke gawang Taiwan.

Bahkan, Shin Tae-yong tak ragu menyebut Ramai Rumakiek sebagai salah satu ‘berlian’ yang dirinya temukan di Liga 1 untuk dibawa ke Timnas Indonesia.

“Rumakiek adalah pemain yang saya temukan di Liga 1 Indonesia. Saya memilih dia daripada bermain sembarangan di timnya. Dia melakukannya dengan baik,” ujar mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong kini telah membangun tim nasional dengan kriterianya pemainnya sendiri. Kini, setelah sukses membawa skuat Garuda melewati play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, tantangan dirinya adalah membantu Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group