Ristomoyo mengungkapkan keprihatinannya terhadap rivalitas suporter antara Indonesia dengan Malaysia. Ia merasa sedih kenapa sepak bola kedua negara bisa sepanas seperti sekarang.

Ristomoyo adalah pemain Indonesia pertama yang berkarier di Liga Malaysia. Kala itu, mantan pemain Timnas Indonesia tersebut bermain untuk tiga tim, yakni Selangor FA (1986-1986), Public Bank FC (1988), dan ATM FA (1989).

Menurut pria asal Malang ini, dahulu suporter Indonesia dan Malaysia memiliki hubungan yang apik. Bahkan, keduanya memiliki rasa saling menghormati ketika kedua negara bertanding.

“Sebetulnya dulu itu antara Malaysia dan Indonesia dari segi bolanya enggak ada masalah. Tidak ada persaingan yang terlalu panas kayak gini-gini,” kata Ristomoyo ketika dihubungi Vocketfc.

“Dulu enggak ada masalah. Suporter sama suporter biasa saja. Nonton ya nonton, enggak yang terlalu fanatik seperti sekarang ini. Dulu saling menghormati kok,” imbuhnya.

“Saya pernah ngalamin waktu zaman-zaman dulu, Indonesia melawan Malaysia. Pernah ketemu di Pra-Olimpiade di Singapura, Merdeka Game di Kuala Lumpur, Pra-Olimpiade juga di Kuala Lumpur. Saya sebagai pemain enggak ada kok suporter-suporter yang terlalu fanatik begini,” lanjutnya.

Ristomoyo pun mengaku sedih dengan situasi sekarang. Ia bahkan heran bagaimana awal mula atau akar masalah dari ketidakrukunan antara suporter sepak bola Indonesia dengan Malaysia.

“Saya sedih melihat kefanatikan berlebih suporter. Dulu lain, saya kadang malu kalau suporter lagi ngejek-ngejek. Sekarang jadi kacau begini. Saya tidak tahu dimulainya dari pihak mana, di mana, dan kapan itu,” ujar Ristimoyo.

“Sebenarnya saya enggak masalah dengan fanatik, asalkan jangan anarkis. Saya sekarang jadi sedih,” imbuhnya.

Cerita perselisihan antara suporter Indonesia dengan Malaysia memang tidak ada habisnya. Selalu akan ada kisah yang akan diungkit kedua kubu jika ditanya siapa yang bersalah.

Suporter kedua kubu pun akan saling bertemu di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019), saat Timnas Malaysia menjamu Indonesia dalam pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Menarik untuk dinantikan apa yang bakal terjadi. Akan menjadi sebuah kisah yang manis jika suporter Malaysia dan Indonesia kembali saling menghormati satu sama lain.

Baca juga artikel lain berkaitan bola sepak Indonesia yang telah kami sediakan untuk anda.

Pemain Timnas Indonesia Sudah Tiba Di Kuala Lumpur

PSSI Akan Bertemu Dua Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia Di Malaysia

APA KOMEN ANDA?

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group