Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) memberikan respons mengenai fenomena pemain Belanda yang dinaturalisasi oleh Indonesia, entah itu Belanda asli atau keturunan.

Seperti ketahui, memang ada beberapa pemain keturunan Belanda yang kini menjadi WNI, seperti Ezra Walian, Stefano Lilipaly, hingga Shandy Walsh serta Shayne Pattynama yang sedang ‘otw’.

Marc Klok juga menjadi salah satu contoh pemain Belanda asli (tanpa darah Indonesia) yang dinaturalisasi Indonesia.

Di masa lalu, juga ada nama-nama seperti Jhon van Beukering, Ruben Wuarbanaran, Sergio van Dijk, Tonnie Cusell, hingga Raphael Maitimo.

Belum lagi proyek naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2023, kabarnya beberapa pemain yang belum diungkap identitasnya juga berasal dari Belanda.

Terkait hal ini, KNVB melalui Gijs de Jong memberikan tanggapan. Ia menilai naturalisasi tersebut akan berdampak positif untuk Timnas Indonesia.

Namun, dia juga berpesan agar tidak terlalu banyak pemain Belanda yang dinaturalisasi oleh PSSI.

“Ya, Marc Klok salah satu contohnya ya. Dia tadinya pemain di Belanda sekarang memperkuat timnas Indonesia,” kata Gijs de Jong kepada awak media, Kamis (1/9/2022), dilansir dari Suara.com.

“Ya tentu bagus ya, tapi jangan banyak-banyak ya,” imbuhnya sambil tertawa.

Gijs de Jong sendiri saat ini sedang berada di Jakarta, Indonesia. Kedatangannya adalah untuk memberitahu bahwa KNVB akan menggelar Festival Oranje Indonesia.

Acara tersebut akan digelar di area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada 25 November 2022. Salah atu agendanya adalah nobar Belanda di Piala Dunia 2022.