Liga 1 2020 akan segera dimulai pada 29 Februari mendatang. Menjelang bergulirnya kompetisi musim baru, ada wacana bahwa gaji wasit akan dinaikkan.

Sebelumnya, gaji wasit Liga 1 adalah Rp5 juta per pertandingan. Nominal itu untuk wasit utama. Sementara satu asisten wasit ada di angka sekitar Rp3 juta.

Jumlah itu dinilai kurang oleh ketua Komite Wasit PSSI, Sonhadji. Oleh karena itu, Sonhadji ingin menaikkan gaji wasit sebesar 38 persen.

Sehingga, para wasit utama akan menerima pendapatan sekitar Rp6,9 juta per laga di Liga 1 2020. Sedangkan asisten wasit sebesar Rp4,14 juta.

“Ada 36 pertandingan Liga 1. Wasit itu rata-rata hanya memimpin 10 pertandingan dalam semusim, kali saja Rp 5 juta,” ujar Sonhadji, dilansir dari Jawa Pos.

“Jadi, kami berencana meningkatkan gaji wasit 38 persen. Kami sangat memperhatikan kesejahteraan wasit. Mereka juga harus dimanusiakan,” imbuhnya.

Terpisah, Cucu Sumatri selaku Direktur Utama PT Liga Indonesia (LIB) juga memiliki pendapat senada dengan Komite Wasit PSSI. Namun, kenaikkan gaji wasit ini masih sekadar pembicaraan.

“Sekarang Rp5 juta per laga, ini kan kalau semusim dapat total Rp 50 juta. Apakah ini sepadan?” kata Cucu Sumantri di JPNN.

“Ini sudah dihitung, kami bicarakan kemarin dengan Komite Wasit kenaikan ada di angka 38 persen,” imbuhnya.

PSSI akan menyiapkan sekitar 39 wasit untuk bertugas di Liga 1 2020. Sebanyak 26 nama adalah wasit lama, sementara 13 lainnya adalah wasit yang dipromosikan dari Liga 2.

Baca juga artikel VOCKET FC edisi bahasa Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda.

Eksklusif Raja Isa, Pelatih Asal Malaysia Yang Lama Berkarier Di Indonesia

Dari HP Sampai Mie Instan, Inilah 3 Aturan Ketat Di Timnas Indonesia U-16

India Batal, Timnas Indonesia U-16 Agendakan Uji Coba Lawan Thailand

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group