Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengklaim bahwa Piala AFF 2020 batal digelar karena pandemi virus corona (COVID-19). Jadwal pengganti juga belum ditentukan.

Perwakilan Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) sempat menawarkan opsi untuk menggelar Piala AFF 2020 pada Februari atau Maret tahun depan. Namun, PSSI menolak usulan tersebut karena dua alasan.

Pertama, waktu tersebut berdekatan dengan bulan Ramadan. Kemudian yang kedua, Indonesia akan sibuk mempersiapkan Piala Dunia U-20 2021 yang akan digelar di Tanah Air pada Mei 2021.

“Ya, (Piala AFF 2020 akhir tahun ini) batal. Kapan jadwal penggantinya kami belum tahu. Tanggal 30 Juli besok rapat lagi,” kata Yunus Nusi dari CNN.

“PSSI menolak karena sudah dekat jadwal puasa. Yang kedua Indonesia sedang fokus persiapan Piala Dunia,” tuturnya menambahkan.

Kabar batal digelarnya Piala AFF 2020 muncul setelah Komite Darurat AFF menggelar rapat virtual pada Senin (27/7/2020). Dilansir dari Zing, wabah COVID-19 membuat AFF berencana memundurkan jadwal Piala AFF 2020 menjadi tahun depan.

PSSI bukan satu-satunya federasi yang tidak setuju Piala AFF ditunda tahun depan. Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) juga tidak sependapat karena 2021 padat dengan event dunia, seperti Olimpiade Tokyo dan Piala Dunia U-20.

“Dengan tekad untuk mempertahankan dan menyelenggarakan turnamen paling bergengsi di kawasan ini, para anggota akan terus belajar dan berdiskusi untuk menemukan solusi terbaik,” kata Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Tran Quoc Tuan.

Komite Darurat AFF akan kembali menggelar pertemuan virtual pada Kamis (30/7/2020). Agendanya masih sama, yaitu membahas kejuaraan antar negara paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda

Ketum PSSI Akan Jadi Manajer Timnas Di Piala Dunia U-20, Pengamat: Ini Menggelitik

Elkan Baggott Sudah Tiba Di Indonesia

Ditawari Gaji Besar Klub China, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Lebih Pilih Indonesia

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group