Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

PSSI telah mengumumkan daftar 33 pemain yang dipilih oleh pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) virtual Timnas Indonesia U-19 pada 5-15 November 2020.

Dari 33 nama tersebut, mayoritas adalah para pemain yang sebelumnya mengikuti TC Garuda Muda di Kroasia. Kemudian, ada pula beberapa nama baru seperti Titan Agung Bagus (Arema FC), Kakang Rudianto (Persib), Alfrianto Nico (Persija), Genta Alparedo (Semen Padang).

Selain itu, ada pula yang kembali masuk ke Timnas Indonesia U-19, yakni Rendy Juliansyah, Muhammad Fajar Fathur Rahman (Borneo FC), Risky Muhammad (Persija).

Namun, tidak ada nama dua pemain yang paling menonjol selama di Kroasia, yakni Elkan Baggott dan Witan Sulaeman. Ketiadaan kedua pemain itu turut dipertanyakan beberapa warganet di media sosial.

PSSI pun memberikan penjelasan mengapa kedua nama itu tidak disertakan dalam TC virtual kali ini. Hal itu karena Elkan dan Witan sedang mengikuti kompetisi bersama klubnya masing-masing. Elkan bersama Ipswich Town (Inggris) dan Witan di FK Rudnik Surdulica (Serbia).

Selain karena mengikuti kompetisi bersama klub, perbedaan waktu antara Indonesia, Inggris, dan Serbia juga menjadi alasan tim pelatih memberikan Elkan dan Witan ‘kelonggaran’. Oleh karena itu, mereka tidak disertakan dulu dalam TC virtual kali ini.

“Untuk Elkan Baggott dan Witan Sulaeman yang tidak ada dalam daftar pemain yang dipanggil karena mereka sedang mengikuti kompetisi di klub mereka masing-masing dan adanya perbedaan waktu,” bunyi penjelasan PSSI.

“Elkan saat ini membela Ipswich Town, Inggris dan Witan membela FK Radnik Surdulica, Serbia,” lanjut penjelasan tersebut.

TC virtual Timnas Indonesia U-19 ini sendiri merupakan salah satu persiapan Garuda Muda sebelum menghadapi Piala Asia U-19 yang rencananya digelar pada awal 2021. Setelah TC virtual berakhir, Bagas Kaffa cs rencaanya akan kembali melakoni TC di luar negeri.

Berikut daftar 33 pemain yang dipanggil untuk mengikuti TC virtual Timnas Indonesia U-19:

1. Rizky Ridho – Persebaya
2. Erlangga Setyo – Persib
3. Bagas Kaffa – Barito Putra
4. Beckham Putra- Persib
5. Mohammad Kanu – Babel United
6. M. Adi Satrio – PSMS
7. Mochammad Supriadi – Persebaya
8. Irfan Jauhari – Bali United
9. Pratama Arhan – PSIS
10. Braif Fatari – Persija
11. Bayu M Fiqri – Persib
12. Khairul Imam Zakiri –
13. Yudha Febrian – Barito Putra
14. Saddam Gaffar – PSS Sleman
15. Muhammad Fadhil- Semen Padang
16. Irfan – Tiga Naga
17. Sandi Samosir – Persija
18. Komang Tri – Bali United
19. Andre Oktaviansyah-
20. Komang Teguh – Borneo
21. Brylian Aldama-
22. David Maulana – Barito Putra
23. Jack Brown –
24. Yofandani Damai – PSIS
25. Moh. Bahril Fajar – PSIS
26. Salman Alfarid – Persija
27. Rendy Juliansyah-
28. Titan Agung Bagus – Arema
29. Kakang Rudianto – Persib
30. Alfrianto Nico – Persija
31. Genta Alparedo – Semen Padang
32. Fajar fathur Rahman – Borneo
33. Risky Sudirman – Persija