Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana menggunakan VAR (Video Assistant Referee) di Liga 1 Indonesia 2021. Walau masih lama, PSSI sudah mulai bersiap sejak dini.

PSSI akan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lebih dulu. Pada 27 November 2019, wasit atau perangkat pertandingan di Indonesia akan mendapat pelatihan tentang VAR dari FIFA.

Pelatihan ini berlangsung cukup lama, yakni sekitar sembilan bulan. Oleh karena itu, PSSI memprediksi VAR baru bisa diterapkan di Indonesia paling cepat pada akhir 2020 atau awal 2021.

“VAR itu alatnya gampang, tapi SDM-nya harus dilatih sehingga nanti kita akan melakukan pelatihan pada 27 November 2019,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip dari Mediaindonesia.

“Akan hadir dari FIFA dan kemungkinan sembilan bulan melatih itu. Sehingga VAR baru bisa pakai akhir tahun depan atau awal tahun 2021,” imbuhnya.

Namun, tidak mudah untuk menerapkan VAR di Indonesia. Selain SDM, VAR juga menuntut kesiapan infrastruktur. PSSI pun meminta pecinta sepak bola Indonesia untuk bersabar.

“Kita harus bersabar, tentunya tujuan kita juga sama ingin sepak bola kita maju, sesuai harapan publik,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

PSSI sebenarnya sudah mulai merancang penggunaan VAR sejak 25 Juli 2019. PSSI juga sempat mengunjungi Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk mengobservasi penggunaan VAR di Liga Thailand.

Baca juga artikel lain berkaitan bola sepak Indonesia yang telah kami sediakan untuk anda.

Ilija Spasojevic Diminati Klub Malaysia?

Ulu Hati Robek, Eks Pemain Johor Darul Ta’zim Akhiri Musim Lebih Cepat

Pelatih Bali United Bandingkan Fasilitas Sepak Bola Di Indonesia Dengan Malaysia

 

APA KOMEN ANDA?

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group