FIFA telah menjatuhkan sanksi berat untuk PSM Makassar. Skuat Juku Eja dilarang melakukan pendaftaran pemain selama tiga periode di tingkat nasional ataupun internasional.

Hukuman itu diterima PSM karena menunggak gaji mantan striker asingnya, Giancarlo Rodrigues. PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun akan memblokir sistem pendaftaran PSM hingga kewajiban terpenuhi.

“FIFA memutuskan menghukum klub PSM Makassar berupa larangan melakukan pendaftaran pemain baik pada tingkat nasional maupun internasional kepada Klub paling lama selama 3 (tiga) periode pendaftaran atau sampai kewajiban Klub dapat diselesaikan,” tulis surat yang ditandatangani Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

“Bahwa berdasarkan surat PSSI sebagaimana disebutkan di atas, LIB akan melakukan proses pemblokiran sistem pendaftaran kepada klub PSM Makassar sampai dengan kewajiban Klub dapat dipenuhi.”

“LIB akan menyampaikan tembusan surat ini kepada seluruh peserta Klub Liga 1 dan Liga 2 2020 perihal implementasi larangan melakukan pendaftaran pemain tingkat nasional maupun internasional kepada Klub PSM Makassar paling lama selama 3 periode atau sampai kewajiban Klub dapat diselesaikan,” tulis surat itu.

Jika tak kunjung melunasi gaji Giancarlo Rodrigues, PSM tidak bisa mendaftarkan pemain lokal dan asing ke PT LIB hingga tiga kali periode. Ini artinya, PSM terancam tidak terlibat di Liga 1 2021.

Liga 1 2021 sendiri rencananya akan bergulir pada Mei atau Juni mendatang. Namun, izin dari Polri masih belum turun. PSSI dan PT LIB masih terus berupaya untuk meyakinkan kepolisian Indonesia tersebut.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group