Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Konfederasi sepak bola Asia (AFC) resmi membatalkan Piala Asia U-16 Bahrain dan Piala Asia U-19 Uzbekistan 2021. Pandemi virus corona (COVID-19) yang masih tinggi di berbagai negara Asia menjadi alasannya.

Meski dibatalkan, Uzbekistan dan Bahrain tidak kehilangan hak sebagai tuan rumah. Kedua negara tersebut tetap ditunjuk AFC untuk menjadi tuan rumah Piala Asia U-16 dan U-19 yang nantinya akan bernama AFC U-20 Asian Cup dan AFC U-17 Asian Cup pada 2023.

Terkait keputusan itu, Mochamad Iriawan selaku Ketum PSSI mengaku hanya bisa menerima. Ia mengambil sisi positif bahwa penundaan ini bisa membuat persiapan tim nasional semakin panjang.

“Kita hormati keputusan ini. PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan Tim U-16 dan U-19,” kata Iriawan di laman resmi PSSI.

Dibatalkannya Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 sebenarnya bukan keputusan yang mengejutkan. Sebab, sebelumnya FIFA juga telah membatalkan Piala Dunia U-17 dan Piala Dunia U-20 2021.

Timnas Indonesia U-19 sendiri sebenarnya sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Mulai dari TC di Thailand, Kroasia, hingga Spanyol.

Namun, pembatalan ini semoga tidak membuat David Maulana dan kolega kecewa berat dan tetap semangat menatap masa depan yang tentu masih sangat panjang.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group