Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) merilis ranking kompetisi klub AFC terbaru. Hasilnya, Indonesia berada di posisi 24 Asia atau nomor 6 se-Asia Tengara (ASEAN).

Sebagai informasi, ranking kompetisi klub AFC atau MA (Member Association) dihitung berdasarkan performa perwakilan klub di kompetisi Asia, seperti AFC Cup dan Liga Champions Asia.

Jadi, setiap kemenangan sebuah klub di kompetisi akan menambah poin MA (member asosiation), yang nantinya dijumlahkan dan diperingkatkan untuk menentukan jatah wakil klub negara di kompetisi Asia.

Wakil-wakil Indonesia sendiri kerap kuwalahan ketika menghadapi klub-klub dari negara tetangga, hingga akhirnya tak jarang gagal lolos dari fase grup. Oleh karena itu, Indonesia ada di urutan 6 se-ASEAN.

Indonesia berada di bawah Thailand (8 Asia), Vietnam (14 Asia), Filipina (18 Asia), Malaysia (19 Asia), dan Singapura (23 Asia). Sementara Indonesia di urutan ke-24 Asia.

Dok. Footy Rangkings

Meski begitu, menurut Footyranking, ranking saat ini membuat Indonesia berada di urutan ke-12 Zona Timur, yang artinya Indonesia masih mendapat jatah play-off di Liga Champions Asia 2023.

Jatah ini sebelumnya hilang di Liga Champions Asia 2021 karena kedudukan Indonesia berada di urutan ke-13 Zona Timur di bawah Myanmar. Namun, jatah tersebut kini kembali didapat Indonesia pada 2023.

Selain satu tiket play-off Liga Champions Asia, Indonesia juga mendapatkan satu slot fase grup dan satu slot play-off AFC Cup 2023.

Sejatinya, andai AFC Cup 2021 zona ASEAN tidak dibatalkan, Indonesia bisa saja mendapatkan slot langsung ke fase grup Liga Champions Asia 2023 jika Bali United dan Persipura Jayapura melaju sejauh mungkin di turnamen itu.

Namun, karena AFC Cup 2021 zona ASEAN dibatalkan, Indonesia tidak memiliki kesempatan untuk menambah poin dan akhirnya hanya mendapatkan slot play-off saja.

Anda Mungkin Suka

© 2022 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group