Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

AFC Club Competitions Ranking alias Ranking Kompetisi untuk zona Asia Tenggara (ASEAN) per Oktober 2022. Dilansir dari Footyrankings, Indonesia hanya berada di posisi ke-6, jauh tertinggal dari Malaysia.

Kondisi ini dipengaruhi dengan prestasi wakil Indonesia di kompetisi Asia. Dua wakil Indonesia, yakni PSM Makassar dan Bali United di Piala AFC 2022 yang kurang maksimal.

PSM Makassar tampil cukup apik dengan berhasil melaju hingga final Piala AFC zona Asia Tenggara, tetapi Bali United yang berstatus tuan rumah justru tak lolos dari fase grup.

Dua torehan tersebut membuat Indonesia hanya mendapat sedikit tambahan poin di AFC Club Competitions Ranking. Sehingga kini Indonesia tercecer di urutan 6 se-Asia Tenggara atau peringkat 11 se-Asia Timur atau 25 se-Asia.

Indonesia berada di bawah Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura, dan Australia. Indonesia hanya unggul dari negara-negara seperti Filipina, Kamboja, hingga Laos.

Di sisi lain, wakil Malaysia di kompetisi Asia tampil cukup impresif. Johor Darul Takzim (JDT) berhasil lolos dari fase grup Liga Champions Asia dan Kuala Lumpur FC lolos hingga ke final Piala AFC 2022.

Performa apik dua wakil itu membuat Malaysia mendapat tambahan poin yang cukup banyak di AFC Club Competitions Ranking dan membuat mereka menjadi nomor satu di Asia Tenggara.

Malaysia mengalahkan Thailand dan Vietnam. Kondisi ini akan membuat Malaysia berpeluang mendapatkan dua slot ke fase grup dan dua slot play-off di Liga Champions Asia musim 2024/2025.

Sementara Indonesia hanya mendapatkan satu slot play-off di Liga Champions Asia 2024/2025 dua slot langsung ke fase grup di Piala AFC pada musim yang sama.

Berikut peringkat kompetisi di Asia Tenggara per Oktober 2022:

Footyrankings