Di tengah pandemi COVID-19, PSSI telah menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle 2020 melalui rapat yang dilaksanakan di Hotel Harris, Jakarta, Kamis (19/11/2020). Dari 18 klub, hanya ada enam tim yang dinyatakan granted.

Keenam klub tersebut adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC. Klub-klub tersebut memenuhi lima kriteria penilaian AFC Club Licensing, sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance.

Sebagai informasi, AFC Club Licensing merupakan acuan standar profesional sebuah klub. Selain itu, AFC Club Licensing juga merupakan suatu syarat untuk bisa berkompetisi di ajang resmi AFC, seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyambut positif enam klub Liga 1 yang dinyatakan profesional sesuai stardar AFC. Ke depan, PSSI akan menyiapkan National Club Licensing, yang gunanya untuk membantu klub tersebut sebelum mengajukan persyaratan ke AFC.

“PSSI ke depan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2,” kata Yunus Nusi di laman resmi PSSI.

“Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepak bola Indonesia,” imbuhnya.

Dengan demikian, kemungkinan dua wakil Indonesia di AFC Cup 2021 akan dipilih dari enam klub tersebut. Sebab, mereka lah yang memenuhi persyaratan untuk tampil di ajang tersebut.

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group