Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Pemerintah Indonesia dan FIFA sepakat akan melakukan pengkajian ulang terhadap pemangku kepentingan sepak bola di Tanah Air pasca terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Apakah PSSI akan dirombak?

Presiden Jokowi telah melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Istana, pada Selasa (18/10/2022). Pertemuan itu untuk membicarakan transformasi sepak bola Indonesia usai terjadi peristiwa yang mengerikan.

Dalam pertemuan itu, juga ada beberapa kesepakatan antara Presiden Jokowi dengan Gianni Infantino. Salah satunya adalah pemangku kepentingan sepak bola yang perlu dikaji ulang.

“Kami juga secara bersama-sama akan mengkaji ulang pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia,” kata Presiden Jokowi, Selasa (18/10/2022).

“Pemerintah bersama FIFA ingin memastikan proses transformasi sepak bola Indonesia berjalan sesuai standar yang ditetapkan,” imbuhnya.

Presiden Jokowi tidak mengatakan secara khusus bahwa yang perlu dikaji ulang adalah PSSI. Namun, banyak yang mengartikan yang dimaksud adalah PSSI karena PSSI adalah pemangku kepentingan sepak bola Indonesia.

Namun, bisa saja maksud Presiden Jokowi lebih luas. Tak hanya mengkaji ulang PSSI, tetapi juga stakeholder lainnya, seperti badan pengelolaan liga (PT LIB), hingga broadcaster.