Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Pelatih Timnas Ceko, Jaroslav Silhavy, menyadari pemanggilan bek Persija Jakarta, Ondrej Kudela, bakal tuai perdebatan. Namun, ia yakin akan kemampuan dan pengalaman pemain.

Ondrej Kudela secara tak terduga resmi mendapat panggilan Timnas Republik Ceko untuk pertandingan UEFA Nations League melawan Portugal dan Swiss pada akhir September 2022.

Meski dirinya sudah meninggalkan Eropa dan berkarier di Liga Indonesia, pelatih Jaroslav Silhavy tetap percaya akan kemampuan sang pemain untuk melainkan pertandingan level tim nasional.

Tentu keputusan Jaroslav Silhavy akan memicu perdebatan lantaran Ondrej Kudela sudah tak bermain di level tertinggi sepak bola Eropa atau bahkan bukan liga terbaik di Asia.

Namun, Jaroslav Silhavy tidak melihat di mana Ondrej Kudela bermain. Ia meyakini kemampuan dan pengalaman bek 35 tahun itu masih layak untuk membela Timnas Republik Ceko.

“Kami sedikit kekurangan bek tengah sekarang. Kami mengenal Ondrej dengan baik. Kami memang sedikit kehilangan jejaknya, tapi kami melihatnya melalui video. Dia memainkan semua pertandingan,” kata Jaroslav Silhavy, dikutip dari Sportsbrief.

“Kita mungkin berdebat tentang kualitas kompetisi, tetapi dia telah membuktikan berkali-kali di masa lalu bahwa dia adalah pemain berpengalaman,” tuturnya menambahkan.

Ondrej Kudela menjadi satu-satunya pemain dari kompetisi Asia yang mendapay panggilan Timnas Republik Ceko. Sementara nama-nama lainnya semua dari Eropa, termasuk Inggris dan Italia.