Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, merasa sepak bola Indonesia saat ini tertinggal jauh dari negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand, terutama soal fasilitas dan lapangan latihan.

Penilaian pelatih yang akrab disapa Teco itu diungkap sesuai dengan pengalamannya selama ini. Sebelum kembali ke Indonesia pada 2017, ia pernah berkelana di beberapa negara Asia Tenggara.

Teco sempat bergabung klub Malaysia, Kuala Muda Naza. Setelah dari Malaysia, ia mengawali karier pelatih kepala di Thailand bersama Chiangrai United, Phuket, Osotspa Samut Prakan, dan Royal Thai Navy.

“Saya pikir ini di Indonesia, masih jauh kalah sama negara terdekat, seperti Malaysia dan Thailand. Saya sudah pernah kerja di dua negara ini. Mereka punya fasilitas latihan lebih bagus jauh dari Indonesia. Indonesia kalah dari mereka,” kata Teco, dilansir dari Tribun Bali.

“Sejak awal saya datang ke Indonesia tahun 2017, saya lihat yang masih kurang Indonesia dibanding negara lain Malaysia, Thailand dan Singapura. Mereka punya lapangan fasilitas latihan yang bagus, lanjutnya.

Oleh karena itu, pelatih asal Brasil ini mengimbau Ketua Umum (Ketum) PSSI yang baru, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, untuk membangun fasilitas-fasilitas sepak bola di Indonesia.

Teco yakin jika ada fasilitas dan banyak lapangan latihan yang bagus, Indonesia juga akan memiliki pemain-pemain yang bagus pula.

“Setiap klub di Indonesia harus diperbaiki, agar kita bisa berikan latihan yang lebih bagus kepada pemain. Jika latihan lebih bagus, pasti nanti pemain bermain lebih bagus juga,” tegas pelatih yang membawa Persija Jakarta juara Liga 1 Indonesia 2018 itu.

Baca juga artikel padu lain yang telah kami sediakan untuk mengisi jiwa bola sepak sejati anda.

Awal 2020, Bali United Mulai Bangun Training Center Di Pantai Purnama

Luis Milla Dan Shin Tae-yong Dipertimbangkan Jadi Pelatih Baru Timnas Indonesia

Safawi Rasid Pernah Berniat Main Di Liga Indonesia

APA KOMEN ANDA?

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group