Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka suara soal alasan memanggil penyerang Arema FC, M Rafli. Ia memiliki alasan tersendiri terkait keputusannya itu.

Follow VOCKET di Telegram untuk isu isu viral terkini

M Rafli menjadi salah satu pemain yang disorot dalam pemanggilan pemain ke tim nasional untuk menghadapi Curacao pada laga FIFA Matchday pada 24 dan 27 September 2022.

Sebab, pemain 23 tahun itu belum ‘perform’ di Liga 1 2022/2022. Ia baru dimainkan dalam enam laga dan tidak pernah full time selama 90 menit.

Tak ada kontribusi gol atau assist yang disumbangkan oleh M Rafli ketika diberi kesempatan turun ke lapangan.

Namun, Shin Tae-yong memiliki pertimbangan tersendiri dalam memilih M Rafli. Ia mengaku tak hanya melihat sosok M Rafli di Liga 1 2022/2023.

Shin Tae-yong melihat M Rafli secara lebih luas. Ia sang pemain memiliki potensi selama pengamatannya dalam pemusatan latihan dan event sebelumnya bersama Timnas Indonesia.

Ia pun meminta suporter tidak sangka dengan pemanggilan M Rafli. Sebab, Shin Tae-yong sudah tahu betul kualitas M Rafli dan percaya bisa berkontribusi untuk tim nasional.

“Rafli memang saya percaya dan selama ini juga sudah beberapa kali TC dan turnamen bersama. Saya melihat pemain ini ada potensi,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers, Jumat (23/9/2022).

“Memang saat ini tidak begitu baik secara performa di Liga 1. Tapi saya sebagai pelatih kepala, untuk membuat tim saya melihat keseluruhan, bukan hanya satu bagian kecil saja,” lanjutnya.

“Jadi, jangan ada yang salah sangka, karena saya pasti melihat keseluruhan tim,” tuturnya menambahkan.

M Rafli memang menjadi salah satu pemain yang kerap mendapat panggilan Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong. Bersama pelatih asal Korea Selatan itu, M Rafli sudah mengantongi enam caps bersama Garuda.