Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia U-23 melawan Bali United di Stadion Senayan, Jakarta, Minggu (7/3/2021), jadi sorotan pecinta sepak bola Tanah Air. Tidak hanya jalannya pertandingan, tetapi juga kualitas jersey yang dipakai skuat Garuda Muda.

Sebab, dalam pertandingan tersebut, logo Garuda yang dipakai oleh striker Timnas Indonesia, Kushedya Hari Yudo, tampak ‘menghilang’. Itu terlihat saat penyerang Arema FC itu melakukan selebrasi usai mencetak gol pada menit ke-35.

Padahal pada awal pertandingan, logo Garuda masih melekat di dada kiri mantan striker PSS Sleman. Kejadian ini pun kemudian ramai menjadi perbincangan di media sosial. Tidak sedikit yang mempertanyakan kualitas dari jersey buatan apparel Mills tersebut.

Bukan kasus baru di dunia sepak bola

Di sisi lain, kasus ‘kerusakan’ jersey saat pertadingan berjalan bukan sesuatu yang baru di dunia sepak bola. Seperti dalam penjelasan pengamat jersey, yakni Jersey Forum melalui Twitter, kejadian yang hampir serupa juga terjadi di belahan dunia.

Jersey Timnas Swiss di Euro 2016 misalnya. Kostum buatan apparel ternama Puma tersebut rentan robek, terutama ketika berduel dengan Timnas Prancis di laga pamungkas fase grup.

Bahkan, kualitas jersey tersebut hingga disindir oleh salah satu bintang Timnas Swiss, Xherdan Shaqiri, itu sendiri.

“Case serupa banyak terjadi kok, terlebih pasca 2000, dimana fabric jersey makin tipis mengakomodasi teknologi, mulai dari jersey prancis 2002 yg robek, jersey swiss di 2016 robek, bahkan NBA yg tebel gitu jerseynya sempet pada robek,” tulis @Jerseyforum ketika memberikan masukan untuk VocketFC Indonesia.

Walau begitu, kejadian terlepasnya logo Garuda di jersey Kushedya Hari Yudo diharapkan bisa menjadi perhatian untuk Mills agar kejadian serupa tidak terulang kembali di masa mendatang.

Terlepas dari insiden tersebut, Timnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan dengan skor 3-1 atas Bali United. Gol tim asuhan Shin Tae-yong tersebut dicetak oleh Yudo (35′), Koko Ari (70′), dan Osvaldo Haay (75′). Adapun satu gol balasan Bali United dilesakkan oleh Lerby Eliandri (83′).

Ini adalah kemenangan kedua Garuda Muda dalam laga uji coba di awal Maret 2021. Sebelumnya Kushedya Hari Yudo cs meraih kemenangan 2-0 atas Tira-Persikabo.

Setelah melakoni dua pertandingam tersebut, para pemain Timnas Indonesia U-23 akan dipulangkan ke klub masing-masing untuk bersiap menghadapi Piala Menpora 2021.

*Artikel ini telah diedit pada Senin (8/3/2021). Kami menambahkan salah satu kasus kerusakan jersey dalam pertandingan selain insiden kostum Kushedya Hari Yudo, juga pandangan dari pemerhati jersey Tanah Air, @jerseyforum.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group