Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Mantan pemain Timnas Indonesia U-21, Achmad Hisyam Tolle, mendapat hukuman berat dari Komisi Disiplin (Komdis) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). Ia dihukum larangan beraktivitas sepak bola di lingkungan PSSI selama lima tahun.

Sebab, pemain 25 tahun itu melakukan tindakan tidak sportif saat timnya, PSIM Yogyakarta, menelan kekalahan 2-3 dari Persis Solo pada pertandingan terakhir Liga 2 2019 Grup Timur di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Senin (21/10/2019).

Hisyam Tolle melancarkan tendangan kungfu ke pemain Persis Solo, M. Shulton, sesaat setelah mendapat kartu merah. Ia juga mengintimidasi fotografer Goal Indonesia, Budi Cahyono, karena mengabadikan momen brutal tersebut.

Tendangan Kungfu Hisyam Tolle ke pemain Persis Solo, M. Shulton.

Akibat ulahnya tersebut, Hisyam Tolle terancam pensiun dini sebagai pesepak bola profesional, yakni di usia 25 tahun. Butuh kesabaran bagi pemain asal Makassar itu untuk kembali menekuni sepak bola setelah hukuman lima tahunnya berakhir.

Hisyam Tolle mengaku bersalah atas tindakannya tersebut. Namun, ia merasa hukuman yang diberikan Komdis PSSI terlalu berat. Ia berniat melakukan banding agar mendapat hukuman lebih ringan.

“Saya memang salah, tetapi hukuman lima tahun sangat berat. Apalagi saya hidup dari sepak bola. Dalam surat keputusan diperbolehkan banding. Ada waktu dua pekan maksimal, tentu saya akan banding,” kata Hisyam Tole, dikutip dari Bola.com.

Hisyam Tolle memang memiliki rekam jejak yang kurang baik sebagai pesepak bola profesional. Ia sudah beberapa kali tercatat melakukan tindakan kurang sportif di sepanjang kariernya.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group