Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, mengklaim netizen saat ini banyak yang minta Indonesia untuk keluar dari Federasi Sepak Bola Asia (AFF) setelah merasa tercurangi karena dugaan main sabun laga Vietnam vs Thailand.

PSSI dipastikan akan melakukan protes resmi kepada AFF. Bukan soal regulasi head to heab, melainkan meminta AFF untuk melakukan investigasi pertandingan Vietnam vs Thailand dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022.

Sebab, PSSI melihat bahwa 27 menit terakhir laga Thailand dan Vietnam ada kejanggalan. Khususnya saat kedudukan 1-1, kedua tim hanya memainkan bola di garis belakang dan tidak berniat untuk menyerang.

Melihat hal tersebut, PSSI menjadi curiga adanya pengaturan skor dalam pertandingan Vietnam vs Thailand.

“Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka,” kata Iwan Bule di laman resmi PSSI.

“Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF. Apakah ada match fixing atau tidak,” lanjutnya.

Lebih lanjut, PSSI menegaskan bakal menerima dengan lapang dada andai AFF tidak menemukan unsur pengaturan skor. Namun, setidaknya AFF harus melakukan investigasi.

Sebab, pertandingan Vietnam vs Thailand dianggap telah menyakiti publik Indonesia. Iwan Bule mengklaim bahwa netizen saat ini meminta untuk meninggalkan AFF karena dugaan ‘permainan’ itu.

“Kalau tidak terbukti ya tidak masalah. Saat ini banyak nitizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan,” tegas Iwan Bule.

Timnas Indonesia U-19 sendiri harus puas tersingkir dari Piala AFF U-19 2022 karena aturan head to head. Namun, PSSI memaklumi hal itu karena regulasi memang sudah dijelaskan saat manager meeting.