Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Ada fenomena menarik di Liga 1 2020, yakni mayoritas pemain asing berasal dari Brasil. Total ada 24 pemain dari negeri Samba, jumlah itu adalah yang terbanyak dibanding pemain asing dari negara lainnya.

Hampir seluruh klub kontestan Liga 1 2020 memiliki pemain asing asal Brasil. Hanya ada tiga klub yang tidak, yakni Arema FC, Persija Jakarta, dan Persita Tangerang.

Bali United juga memiliki pemain asal Brasil ketika menjuarai Liga 1 2019. Dia adalah Willian Pacheco. Eks pemain Selangor FA itu nyaris tak tergantikan, kecuali jika cedera atau akumulasi kartu.

Terkait fenomena tersebut, Stefano Cugurra selaku pelatih Bali United tidak heran. Sebab, ia menilai pemain asal Brasil lebih cepat beradaptasi di Indonesia dibanding pemain lainnya.

Selain itu, pelatih yang akrab disapa Teco ini menyebut Indonesia memiliki suasana yang seperti Brasil. Sehingga Indonesia kerap menjadi salah satu negara tujuan pemain-pemain dari Brasil.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. (Foto: Baliutd.com).

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. (Foto: Baliutd.com).

“Saya pikir pemain Brasil bisa beradaptasi lebih cepat dibandingkan pemain dari negara lain untuk bermain di Indonesia dan bisa bantu tim memberi prestasi. Brasil adalah negara besar dengan banyaknya pemain bola,” kata Teco di laman resmi Bali United.

“Ada pemain yang bagus, akan tetapi tidak bisa masuk atau bertahan lama di tim besar yang ada di Brasil. Sehingga mereka lebih memilih bermain di luar negara Brasil, satu di antaranya adalah Indonesia karena suasananya mirip dengan Brasil,” imbuh pelatih asal Brasil ini.

Kehadiran pemain asal Brasil di Liga Indonesia bukanlah hal baru. Sejak dulu, telah ada para pemain asal Brasil yang cukup sukses di Tanah Air, seperti Jacksen F. Tiago, Luciano Leandro, hingga Alberto Goncalves yang kini mendapat kewarganegaraan Indonesia.

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda

Jersey Cristiano Ronaldo Yang Dilelang Martunis Laku Rp 180 Juta

Ada Bantuan Dari Federasi, Tidak Ada Pemotongan Gaji Di Liga Singapura

Makna Motif Sayap Garuda Di Jersey Baru Timnas Indonesia

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group