Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, membahas Elkan Baggott usai menelan kekalahan 0-1 dari Thailand dalam pertandingan semifinal SEA Games 2021 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022).

Follow VOCKET di Telegram untuk isu isu viral terkini

Menurutnya, ketiadaan Elkan Baggott yang tidak dilepas oleh klubnya, Ipswich Town, sangat berpengaruh terhadap semangat dan permainan Timnas Indonesia U-23. Meski begitu, ia berharap anak asuhnya bisa belajar dari kekalahan ini.

“Hari ini Indonesia kekurangan Elkan Baggott. Dia punya peran penting dalam permainan kami, jadi absennya Elkan sangat mempengaruhi semangat dan permaina,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari vnexpress.

“Namun, Indonesia juga perlu melihat diri sendiri dan belajar dari pengalaman untuk turnamen berikutnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong ogah banyak alasan terkait kekalahan anak asuhnya. Ia mengakui Thailand mampu memanfaatkan peluang dibanding Egy Maulana cs, sehingga mampu meraih kemenangan.

“Saya pikir perbedaan antara kedua tim pada hari ini, Thailand mampu menunjukkan potensi penuh mereka, tetapi kami tidak melakukannya. Keduanya memiliki peluang, tetapi hanya Thailand yang menggunakannya untuk menang,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia U-23 masih memiliki satu pertandingan perebutan medali perunggu SEA Games 2021. Shin Tae-yong dipastikan bakal kesulitan karena banyak pemain yang harus absen karena akumulasi kartu dan cedera.

Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, dan Firza Andika mendapat kartu merah. Kemudian, Egy Maulana Vikri mengalami cedera pada laga melawan Thailand dan terlihat dibalut es pada lututnya.