Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, menyampaikan kabar yang kurang bagus terkait jadwal Liga 1 2020. Kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia ini rencananya tetap berjalan ketika ada agenda tim nasional.

“Kompetisi berjalan, timnas Indonesia juga berjalan. Jadi, Liga 1 berlangsung, pemusatan latihan timnas Indonesia juga berlangsung, itu paralel,” kata Sudjarno dilansir dari Goal.

“Oleh karena itu regulasinya sekarang sedang kami susun juga bersama-sama. PSSI dan PT LIB menyusun itu semua terkait dengan regulasinya,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Liga 1 2020 akan kembali bergulir pada September atau Oktober 2020. Dalam waktu-waktu tersebut, Timnas Indonesia akan mulai disibukkan dengan agenda pemusatan latihan dan pertandingan.

Timnas Indonesia bakal melakoni tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022, yakni melawan Thailand (8 Oktober), Uni Emirat Arab (13 Oktober), dan Vietnam (12 November).

Setelah menyelesaikan tiga pertandingan tersebut, 20 hari kemudian Timnas Indonesia akan kembali bertempur di Piala AFF 2020. Kejuaraan bergengsi di Asia Tenggara itu akan bergulir pada 23 November sampai 31 Desember 2020.

Namun, Sudjarno sedang berupaya mencari solusi untuk Timnas Indonesia. Salah satunya adalah dengan menghapus sistem degradasi, supaya klub-klub tidak keberatan untuk melepas para pemainnya ke tim nasional.

“Regulasinya disusun sedemikian rupa. Oleh karena itu opsi tanpa degradasi. Satu menyemangati timnas bahwa masih bisa bermain,” tutur Sudjarno.

Pecinta sepak bola Tanah Air tentu berharap Timnas Indonesia bisa tampil dengan kekuatan terbaik di tiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020.

Sebab, selain agar bisa menaikkan ranking FIFA Indonesia, masyakarat di Tanah Air juga sudah mendambakan melihat Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF untuk kali pertama.

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group