Salah satu calon ketua umum (Ketum) PSSI periode 2019-2023, Sarman El Hakim, akan melakukan terobosan baru jika terpilih sebagai pemimpin PSSI. Ia berjanji akan mengeluarkan PSSI dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Menurut Sarman, tidak banyak manfaat yang diterima PSSI apabila terus bertahan sebagai anggota AFF. Malahan, akan banyak kerugian karena harus mempersiapkan diri di kejuaraan yang tidak diakui oleh FIFA, seperti SEA Games dan Piala AFF.

Pria asal Sumatera Barat itu menyebut Indonesia cukup menjadi anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) saja. Sehingga konsentrasi PSSI nantinya ke event yang lebih bergengsi semacam Asian Games dan Olimpiade.

“AFF diakui FIFA tidak? Kenapa harus mengikuti AFF? Kalau saya terpilih sebagai Ketua PSSI, saya konsentrasi ke negara saya saja. Fokus ke Asia dan Olimpiade,” kata Sarman, dikutip dari Bola.com.

“AFF tidak terdaftar di FIFA. Biasa saja sebetulnya. Kalau Indonesia tidak ikut sekali, AFF bisa bubar. Sejarah AFF dari mana? Jadi harus dipelajari AFF itu apa. Tinggalkan AFF. Agenda kami banyak, ada SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade,” lanjutnya.

“Saking fokus di AFF, Indonesia lupa Asian Games, lupa Olimpiade, dan anak-anak kita lupa sekolah. Itu negatifnya. Kalau juara Piala AFF, apakah meningkatkan ranking FIFA?” ujar Sarman.

“Datang ke kantor FIFA, ada bendera AFF? Tidak ada. Tapi, karena masyarakat sudah terhibur, mau apalagi. Kalau saya terpilih sebagai Ketum PSSI, saya tinggalkan AFF. Saya akan bicara ke Presiden Jokowi,” tuturnya menambahkan.

Sebagai informasi, Indonesia akan memilih ketua umum baru PSSI untuk periode 2019-2023 pada 2 November 2019. Ada 11 kandidat yang akan memperebutkan kursi kepemimpinan tersebut.

Selain Sarman El Hakim, sepuluh calon lainnya adalah Avent Hinelo, Benhard Limbong, Benny Erwin, La Nyalla Mattaliti, Fary Djemy Francis, M. Iriawan, Rahim Soekasah, Vijaya Fitriyasa, Yesayas Oktavianus, dan Arief Putra Wicaksono.

Baca juga artikel lain berkaitan bola sepak Indonesia yang telah kami sediakan untuk anda.

Bekas Penyerang Melaka United Dipanggil Memperkuatkan Skuad Sukan SEA Indonesia 2019

Alfonso De La Cruz Ceritakan Perbedaan Sepak Bola Indonesia Dengan Malaysia

Apa Kabar Elie Aiboy? Eks Winger Lincah Selangor FA Asal Indonesia

APA KOMEN ANDA?

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group