Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Pemain SC Cambuur, Jasper ter Heide, bercita-cita bisa membela Timnas Belanda. Andai tidak bisa, ia akan lebih memilih Korea Selatan daripada Indonesia.

Heide merupakan pemain berpaspor Belanda yang memiliki darah Indonesia dann Korea Selatan. Ayahnya berasal dari Korea Selatan, sementara sang ibu merupakan wanita keturunan Indonesia.

Dengan asal usul tersebut, Heide yang kini berusia 22 tahun itu memiliki opsi membela tiga negara, yakni Belanda, Korea Selatan, dan Indonesia.

Heide pun sudah membela tim nasional kelompok usia Belanda, mulai dari tim U-15, U-16, hingga U-19. Namun, belum mendapatkan kesempatan membela Timnas Belanda senior.

Kini, ia masih berusaha agar bisa berseragam Timnas Belanda senior. Namun, andai sulit, dirinya lebih memilih bermain dengan jersey Korsea Selatan ketimbang Indonesia.

Bukan tanpa alasan, menurut pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut budaya Korea Selatan lebih kental dengan dirinya daripada Indonesia.

“Iya, tapi tidak muda bagi saya untuk mendapatkan paspor Korea. Ayah saya lahir di Korea Selatan, tetapi diadopsi sejak kecil dan tidak memiliki paspor Korea,” kata Heide. dikutip dari Vootbalzone.

“Untuk mendapatkan paspor Korea, saya harus tinggal di sana setidaknya enam bulan dan ikut wajib militer,” lanjutnya.

“Indonesia juga bisa. Jika akun Indonesia yang memposting tentang saya di Instagram, ada banyak respons di foto dengan bendera Indonesia dan komentar ‘datanglah ke Indonesia’,” ujar Heide.

“Tapi, jika saya tidak berhasil bela Belanda, saya berharap bisa bermain untuk negara lain. Ikatan saya dengan Korea Selatan lebih kuat ketimbang Indonesia. Saya merasa lebih seperti orang Korea daripada Indonesia,” tuturnya menambahkan.

Heide tumbuh besar di Akademi Ajax. Ia selama enam tahun menimba ilmu di sana bersama pemain-pemain top Belanda seperti Matthijs de Ligt, Donyell Malen, Owen Wijndal, hingga Justin Kluivert.

Ia bergabung SC Cambuur pada 7 Juli 2020. Pada musim ini, Heide telah tampil dalam 19 pertandingan di Eerste Divisie musim 2020/2021 dengan sumbangan dua assist.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group