Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini. VOCKET

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, merasa optimis dengan tim asuhannya. Ia Percaya skuat Garuda bisa lebih kuat lagi dibanding ketika berlaga di Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 setelah menjadi runner-up Grup A dengan koleksi enam poin. Di bawah Yordania yang menjadi juara grup dengan sembilan poin.

Enam poin Timnas Indonesia didapat setelah mengalahkan tuan rumah Kuwait (2-1) dan Nepal (7-0), sementara ketika menghadapi Yordania skuat Garuda menelan kekalahan (0-1).

Keberhasilan ini membuktikan Timnas Indonesia sebagai tim yang tangguh sebagai penantang di Piala Asia 2023. Namun, Shin Tae-yong merasa skuat Garuda masih belum dalam kemampuan terbaik.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut yakin Timnas Indonesia bisa lebih kuat dibanding yang sekarang ketika berlaga di kejuaraan sepak bola paling akbar di Asia tersebut.

“Kami akan membangun tim yang lebih kuat dan menunjukkannya di Piala Asia,” ujar Shin Tae-yong dalam keterangan PSSI di Jakarta, Rabu (15/6/2022), dikutip dari Antara.

Apa yang dikatakan Shin Tae-yong bukan isapan jempol belaka. Ia memang masih memiliki para pemain jempolan yang saat ini belum bisa bergabung.

Ada Egy Maulana Vikri yang saat ini absen karena cedera. Kemudian, ada pula tiga pemain naturalisasi, Sandy Walsh, Jordy Amat, dan Shayne Pattynama.

Ketiga pemain itu saat ini naturalisasi belum rampung. Namun, ketika Piala Asia 2023 bergulir pada 16 Juni 2023, naturalisasi mereka diperkirakan sudah rampung.

Sementara itu, keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke Piala Asia 2023 menjadi sebuah prestasi yang luar biasa. Sebab, terakhir kali Garuda bermain di kejuaraan itu adalah 2007 atau 15 tahun silam, itu pun karena tuan rumah.

Dengan demikian, Indonesia bakal mencatatkan lima kali penampilan di Piala Asia. Sebelumnya, Garuda berhasil lolos pada edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007.

© 2022 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group