Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, kurang setuju dengan adanya pemain keturunan atau naturalisasi di Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Mantan pelatih Bali United ini ingin skuat Garuda Muda bisa berjuang dengan pemain lokal saja. Sebab, Piala Dunia U-20 adalah momen bagi Indonesia untuk menunjukkan hasil pembinaan pemain muda.

“Ada dua strategi pembentukan Timnas U-20,” kata Indra Sjafri dalam acara webinar Pengembangan Manajemen Suporter Bola, dilansir dari Kompas.com.

“Kami mau menunjukkan pada dunia, ini loh pembinaan kami, ini loh keputusan kami bahwasanya anak-anak yang tampil adalah anak-anak Indonesia, tetapi dengan segala resiko,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Indra Sjafri yang memiliki pengalaman melatih Timnas Indonesia U-16 dan U-19 meyakini para pemain dalam negeri memiliki kualitas. Di sisi lain, ia juga menyadari akan sulit untuk bersaing di level dunia.

“Tim saya dari usia 16-19 tahun mengalahkan Jepang. Terakhir satu langkah lagi masuk Piala Dunia. Walau di babak grup kami mengalahkan Uni Emirat Arab, tetapi belum juga bisa,” ujar Indra Sjafri.

“Kalau mau jujur, teman-teman dari Asprov dan suporter harus jujur kualitas kita masih rendah kalau bicara level dunia,” imbuh pelatih asal Sumatera Barat itu.

Namun, Indra Sjafri akan menyerahkan semua keputusan kepada Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia. Ia bersama PSSI akan mendukung kebijakan pelatih.

“Jadi, kebijakan itu akan diambil oleh pelatih. PSSI hanya mendukung kebijakan pelatih,” tegas eks pelatih Timnas Indonesia U-23 tersebut.

Sebelumnya, ramai kabar bahwa PSSI tengah memantau pemain keturunan berbakat di luar negeri untuk memperkuat Timnas Indonesia, seperti Jack Brown (Lincoln City FC U-18), Joseph Ferguson (Blackburn Rovers U-18), Elkan Baggott (Ipswich Town U-18).

Nama terbaru yang kabarnya telah dihubungi tim pelatih Timnas Indonesia U-19 adalah Nyoman Paul Aro yang belum lama ini dikontrak selama dua tahun oleh klub Swedia, Skovde AIK.

Baca juga artikel VOCKET FC Indonesia lainnya yang telah kami sediakan untuk Anda

Timnas Malaysia Akan Uji Coba Lawan Negara Peringkat 99 FIFA, Bahrain

Shin Tae-yong Tak Pasang Target Juara Di Piala AFF 2020

SC Heerenveen Beberkan Alasan Lepas Bek Kiri Timnas Vietnam

 

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group