Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menilai Shin Tae-yong masih layak untuk terus melatih Timnas Indonesia meski hanya mampu membawa Garuda ke semifinal Piala AFF 2022.

Menurut hasil evaluasi departemennya, permainan dan kualitas Timnas Indonesia membaik di tangan Shin Tae-yong. Meski begitu, semua tergantung pada Exco PSSI.

“Saya pribadi berpikir, Shin masih sangat layak (melatih timnas Indonesia-red) karena, secara permainan, kualitas tim lebih baik,” kata Indra Sjafri, dilansir dari Antara.

“Namun, laporan evaluasi ini masih akan dilaporkan ke Ketua Umum (Mochamad Iriawan) yang selanjutnya akan berdiskusi dengan Exco. Bagaimana nanti keputusannya, itu tergantung Exco,” imbuhnya.

Shin Tae-yong sendiri telah dievaluasi oleh tim departemen teknik PSSI pada Minggu (15/1/2023). Pelatih asa Korea Selatan itu menjelaskan alasan kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Ia mengatakan bahwa kualitas pemain yang masih kurang menjadi salah satu alasannya. Indra Sjafri pun sebagai sesama orang teknis memahami apa yang disampaikan Shin Tae-yong.

Oleh karena itu, dirinya merekomdasikan untuk tetap memberikan kepercayaan kepada Shin Tae-yong.

“Kami sama-sama orang teknis, jadi saya memaklumi. Saya memahami apa yang disampaikan ‘coach’ Shin karena saya juga merasakan selama hampir 10 tahun memang butuh proses untuk membangun suatu tim yang kuat,” ujar Indra Sjafri.

“Itu poin penting. Saya pun sepakat dengan ‘coach’ Shin bahwa kita harus bekerja lebih keras lagi untuk berprestasi lebih baik,” tuturnya menambahkan.

Kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia masih tersisa hingga akhir 2023. Ada beberapa event ke depan yang perlu dihadapi Garuda, mulai dari Piala Asia U-20 2023, Piala Dunia U-20 2023, hingga Piala Asia 2023.