Pemain Persib Bandung asal Brasil, Fabiano Beltrame, tidak lama lagi akan sah menjadi warga negara Indonesia (WNI). Ia telah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Persetujuan ini diberikan setelah Komisi III dan Komisi X DPR RI menggelar rapat kerja bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Jakarta, Selasa (5/11/2019)

Pada rapat tersebut, Fabiano Beltrame diminta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengucapkan teks Pancasila. Ia pun mampu melaksanakannya dengan lancar dan mendapat tepuk tangan dari seluruh hadirin.

Selanjutnya, Fabiano harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang juga disetujui Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Jika proses itu telah dilalui, ia tinggal menunggu diambil sumpah untuk merampungkan proses naturalisasi.

Sayangnya, Fabiano Beltrame sudah berumur 37 tahun dan kemungkinan berkontribusi terhadap Timnas Indonesia sangat kecil. Namun, PSSI tetap menghargai keinginan sang pemain.

“Yang bersangkutan mengajukannya bukan melalui PSSI, tapi perorangan dengan sponsor klub Madura United. Sehingga PSSI hanya merekomendasikan saja,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di laman resmi PSSI.

“Yang bersangkutan juga berkelakuan baik dan sudah berada di liga kita lebih dari 10 tahun. Sekarang pun yang bersangkutan ada di Persib Bandung. Jadi tadi kami jawab prinsip kami tidak keberatan selama undang-undang yang mengatur bisa mereka penuhi persyaratannya,” tambahnya.

“Fabiano saat ini masih bermain di Persib. Berarti ada transfer teknik, mungkin taktik yang diambil dari yang bersangkutan. Nanti juga bisa kalau sudah pensiun bisa dijadikan pelatih atau konsultan, kita hargai yang bersangkutan,” tukas Mochamad Iriawan.

Sebagai informasi, Fabiano Beltrame hampir 14 tahun berkarier di Liga Indonesia. Bek berusia 37 tahun itu pertama kali datang ke Indonesia pada 2005.

Ia telah membela berbagai klub Indonesia, seperti Persela Lamongan, Persmin Minahasa, Persija Jakarta, Arema FC, Madura United, dan sekarang bersama Persib Bandung di Liga 1 Indonesia 2019.

Baca juga artikel lain berkaitan bola sepak Indonesia yang telah kami sediakan untuk anda.

Makan Konate Akui Sedang Didekati Klub Malaysia

PSSI Akan Terapkan VAR Di Liga Indonesia 2021

Ulu Hati Robek, Eks Pemain Johor Darul Ta’zim Akhiri Musim Lebih Cepat

 

APA KOMEN ANDA?

Anda Mungkin Suka

© 2020 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group