Pemain keturunan Indonesia-Inggris, Elkan Baggott, resmi bersurat ke PSSI untuk mengucapkan permintaan maaf karena beberapa waktu lalu tidak bisa menghadiri panggilan Timnas Indonesia.

Follow VOCKET di Telegram untuk isu isu viral terkini

Sebagai informasi, Elkan Baggott masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia untuk melakoni tiga pertandingan sisa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Namun, ia tidak hadir dan PSSI tidak menjelaskan apapun terkait kektidakhadiran sang pemain. Sejak saat itu, Elkan Baggott tak lagi dipanggil Timnas Indonesia hingga belakangan ini dia dilaporkan sudah ogah bela skuat Garuda.

Keogahan Elkan Baggott membela Timnas Indonesia disampaikan secara langsung oleh Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. Pemain bertubuh jangkung itu dan Ipswich Town pun langsung dihujat netizen.

Terkait tudingan tersebut, Elkan Baggott mencoba mengklarifikasi. Ia berkirim surat secara resmi kepada PSSI, menjelaskan bahwa alasan beberapa waktu lalu tidak bisa memenuhi panggilan Timnas Indonesia karena COVID-19.

Pemerintah Inggris dan Ipswich Town menyarankan dirinya untuk tidak terbang ke Dubai karena COVID-19. Namun, kini Elkan Baggott menyatakan siap membela Timnas Indonesia dan memberikan segalanya.

“Saya meminta maaf yang sedalam-dalamnya karena tak menghadiri Pemusatan Latihan di Dubai. Alasannya saat itu pemerintah Inggris dan klub saya menyarankan untuk tak hadir karena situasi COVID-19 di Dubai sangat buruk,” tulis surat Elkan Baggott.

“Jika saat itu melakukan perjalanan, maka saya bisa mendapat risiko. Saat ini situasinya sudah jauh lebih baik di Inggris maupun di Indonesia, di mana sudah banyak orang yang mendapat vaksin.”

“Sekarang saya siap untuk membela dan memberikan segalanya buat timnas untuk membantu ke tempat yang selayaknya. Semoga bisa mengerti alasan saya,” tulis Elkan.

Terkait permintaan maaf Elkan Baggott, PSSI dipastikan langsung memaafkan. PSSI ingin memberikan kesempatan lagi kepada pemain 19 tahun tersebut untuk kembali berseragam Garuda.

“Kalau dari sudut pandang saya, membela tim nasional Indonesia itu adalah hak semua pemain. Kami sudah maafkan dirinya dan meminta dirinya untuk bergabung ke timnas Indonesia bila dibutuhkan oleh pelatih,” kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

Sayangnya, permintaan maaf Elkan Baggott sedikit terlambat. Andai lebih cepat, dia mungkin kini sudah diminta terbang ke Tajikistan untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.