Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott, dikabarkan harus dibawa ke tempat karantina karena satu pesawat dengan seseorang yang positif virus corona (COVID-19) saat terbang dari London, Inggris, ke Singapura.

Follow VOCKET di Telegram untuk isu isu viral terkini

Kabar ini cukup mengagetkan karena muncul H-1 pertandingan melawan Timnas Vietnam pada pertandingan Piala AFF 2020, Rabu (14/12/2021). Sehingga, tentu akan menjadi kerugian apabila harus absen karena menjelani karantina.

Kepala Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Singapura, Ratna Lestari, menjelaskan bahwa sudah mendengar kabar itu dan langsung mencoba berkoordinasi penyelengara.

Ada kemungkinan Elkan Baggott harus menjalani karantina selama empat hinga lima hari. Namun, dirinya juga belum bisa memberikan infomasi pasri karena keputusan karantina belum ditetapkan.

“Elkan satu pesawat dengan orang positif (COVID-19), sehingga mendapat Karantina Order (QO) untuk melihat virusnya. Kami telah menerima info tersebut dan tengah berkoordinasi dengan penyelenggara,” kata Ratna ketika dihubungi Kumparan.

“Yang bersangkutan [Elkan] dari London, jadi hanya dia yang kena Karantina Order (QO) dan masih dalam pembahasan juga. Jadi kami belum bisa memastikan, kemungkinan sekitar 4-5 hari karantina, namun masih dalam koordinasi,” imbuhnya.

Elkan Baggott sudah pasti absen lawan Vietnam?

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi pasti mengenai absennya pemain Ipswich Town itu dalam pertandingan melawan Vietnam. Namun, ketika konferensi pers, Shin Tae-yong selaku nakhoda Garuda sudah ‘curhat’ bahwa ada kejadian yang tidak diharapkan dalam persiapan timnas.

“Untuk pertandingan besok kami sangat persiapkan dengan baik. Tetapi ada beberapa hal yang tak diinginkan terjadi pada kami. Kalau tak ada hal seperti itu mungkin akan lancar buat besok,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers virtual, Selasa (14/12/2021).

“Saya tak bisa bicara jujur sampai setelah pertandingan selesai. Sampai saat ini tak ada yang bisa dibicarakan, saya akan jelaskan semuanya setelah pertandingan selesai,” ungkapnya.

Safawi Rasid bisa bermain meski rekan sekamarnya positif COVID-19

Kasus yang hampir mirip juga terjadi kontestan lain, yakni Malaysia. Pemain Harimau Malaya, Akhyar Rashid, positif COVID-19 dan Safawi Rasid adalah rekan sekamar.

Namun, Safawi tetap tampil dalam pertandingan melawan Laos hingga mencetak hattrick.

Apakah Elkan Baggott juga bisa membela Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Vietnam? Semoga saja, mari kita doakan bersama.