Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah mendapatkan asisten baru pengganti Dzenan Radoncic. Dia adalah mantan bek tim nasional Korea Selatan, Cho Byung-kuk.

Kabar ini disampaikan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Bahkan pelatih 51 tahun kelahiran Ulsan itu dilaporkan sudah berada di Turki.

Cho Byung-kuk langsung mendampingi Shin Tae-yong bersama para asisten lainnya untuk pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20.

“Nama asisten baru Shin Tae-yong adalah Cho Byung-kuk. Betul, dia sudah bergabung dengan timnas U-20 di Turki,” kata Indra Sjafri kepada Bola.com, Kamis (20/10/2022).

Belum diketahui banyak mengenai rekam jejak Cho Byung-kuk di dunia kepelatihan. Sebelum dibawa oleh Shin Tae-yong, ia diketahui melatih tim usia dini yang bernama South Coast Flame FC di Australia sejak 1 Oktober 2021.

Namun, ketika saat masih menjadi pesepak bola, dia punya karier cukup mentereng. Bersama Timnas Korea Selatan, dirinya mengantongi 11 caps, termasuk kala Korea Selatan beruji coba melawan Uruguay dan Argentina pada 2003.

Di level klub, Cho Byung-kuk berhasil menjuarai Liga Korea Selatan bersama Suwon Samsung Bluewings (2003/2004) dan Liga Champions Asia ala memperkuat Seongnam Ilhwa Chunma (2009/2010).

Saat juara Liga Champions Asia, pelatih Cho Byung-kuk di Seongnam Ilhwa Chunma adalah Shin Tae-yong. Jadi, bisa dibilang dia adalah mantan anak asuh Shin Tae-yong.

Selain Korea Selatan, Cho Byung-kuk juga pernah memperkuat klub luar negeri seperti Vegalta Sendai (Jepang), Jubilo Iwata (Jepang), SH Greenland (China), Chonburi FC (Thailand), South Coast United SC (Australia) tempatnya gantung sepatu pada 2019.